EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 BANTUL

HIKMAH MASLAKHAH, NIM. 13600006 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 BANTUL)
13600006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 BANTUL)
13600006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran di MTsN 9 Bantul masih bersifat konvensional serta masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya. Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 9 Bantul tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas VII A dengan jumlah 29 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, kelas VII C dengan jumlah 28 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan treatment berupa model pembelajaran Tutor Sebaya. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji kesamaan rata-rata menggunakan uji Mann-Whitney. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan Software SPSS.16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2018 09:36
Last Modified: 13 Feb 2018 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum