PENAFSIRAN MUHAMMAD HUSAIN AT-TABATABA’I TERHADAP SURAT AL-AHZAB AYAT 56 (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN)

AHMAD ROYHAN AFIF, NIM. 13530045 (2017) PENAFSIRAN MUHAMMAD HUSAIN AT-TABATABA’I TERHADAP SURAT AL-AHZAB AYAT 56 (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN MUHAMMAD HUSAIN AT-TABATABA’I TERHADAP SURAT AL-AHZAB AYAT 56 (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN))
13530045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN MUHAMMAD HUSAIN AT-TABATABA’I TERHADAP SURAT AL-AHZAB AYAT 56 (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN))
13530045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebagai sebuah kitab pedoman, kitab al-Qur’an senantiasa menyuguhkan sebuah petunjuk dan arahan kepada umat Islam dalam menyikapi kehidupan. Petunjuk itu terkadang berupa kisah, perintah, mau’idhah hasanah, dan dalam petunjuk-petunjuk lainnya. Lantaran penyampaiannya diamanatkan kepada utusan terakhir-Nya, yakni Nabi Muhammad saw. Sebagai seorang pemuka umat Islam, perjuangan beliau yang telah mampu mengenalkan Islam dan menyiarkannya hingga saat ini, patut mendapat penghargaan yang tak terhingga. Tidak jarang Allah dalam firman-Nya memberikan penghargaan yang ditujukan kepada beliau, disamping mengisahkan dan memberikan pengahargaan juga terhadap perjuangan nabi-nabi sebelumnya. Terdapat satu ayat yang unik yang ditujukan kepada Nabi Muhammad dan tidak ada diantara ayat-ayat lain yang serupa yang ditujukan kepada selain Nabi Muhammad. Yakni, surat al-Ahzab ayat 56. Di kalangan Sunni ayat ini begitu populer sebagai dalil atas setiap kegiatan bershalawat. Di kalangan ulama sendiri tidak ada pertentangan mengenai makna umum ayat ini. Semua sepakat, bahwa ayat ini merupakan ayat yang menunjukkan perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad saw. Untuk mengetahui pandangan yang berbeda pada kajian ini akan diarahkan pada penafasiran Muhammad Husain at-Tabataba’i yang merupakan salah satu tokoh terkemuka di kalangan Syi’ah, terhadap surat al- Ahzab ayat 56 melalui kajian dalam salah satu kitab monumentalnya, yakni kitab tafsir al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an. Kitab al-Mizan terdiri dari 20 jilid. Dalam pembahasannya kitab ini merupakan kitab yang menghindari akan pembabahasan-pembahasan hukum. Sedangkan ayat ini merupakan ayat perintah yang identik dengan hukum. Sehingga dirasa menjadi menarik melakukan kajian dengan kitab ini. Ada beberapa hal terkait dengan hasil penelitian ini. Pertama, sebagai kitab yang menghidari pembahasan-pembahasan hukum, Tabataba’i memberikan penafsiran terhadap ayat ini dengan begitu sederhana yang menyatakan, ayat ini merupakan ayat yang memerintahkan secara tegas kepada umat mukmin untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad saw. Kedua, terkait kekurangan dan kelebihannya, dalam menafsirkan beliau memiliki metode yang unik. Di sisi lain menggunakan metode tahlili, beliau juga menggunkan metode maudu’i. Beliau juga menyisipkan riwayat-riwayat bil ma’tsur serta mengambil riwayat tidak hanya dari kalangannya sendiri. Namun, sebagai kitab yang terdiri dari 20 jilid, penafsiran terhadap surat al-Ahzab ayat 56 tergolong minim dan kurang luas pembahasannya. Selain itu, meskipun beliau mencoba melepaskan diri dari belenggu fanatisme madzhab, namun kecenderungan beliau terhadap riwayat Ahlul Bait juga masih begitu nampak. Sehingga belum bisa dikatakan sebagai tafsir yang obyektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Fauzan Naif, M. A.,
Uncontrolled Keywords: al-Qur’an, Shalawat, Tabataba’i, kitab al-Mizan.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Feb 2018 14:10
Last Modified: 22 Feb 2018 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum