RADIKALISME DALAM BINGKAI MEDIA (PEMBERITAAN SKH KOMPAS DAN SKH REPUBLIKA MENGENAI BOM BUNUH DIRI KAMPUNG MELAYU DAN PERSEKUSI)

NURUL ELMI, NIM. 12210094 (2018) RADIKALISME DALAM BINGKAI MEDIA (PEMBERITAAN SKH KOMPAS DAN SKH REPUBLIKA MENGENAI BOM BUNUH DIRI KAMPUNG MELAYU DAN PERSEKUSI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RADIKALISME DALAM BINGKAI MEDIA (PEMBERITAAN SKH KOMPAS DAN SKH REPUBLIKA MENGENAI BOM BUNUH DIRI KAMPUNG MELAYU DAN PERSEKUSI))
12210094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RADIKALISME DALAM BINGKAI MEDIA (PEMBERITAAN SKH KOMPAS DAN SKH REPUBLIKA MENGENAI BOM BUNUH DIRI KAMPUNG MELAYU DAN PERSEKUSI))
12210094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pada kurun waktu Mei hingga Juni 2017, pemberitaan media massa banyak dihiasi oleh berita-berita mengenai radikalisme. Pada rentang waktu tersebut media massa memberitakan aksi radikal yang dilakukan oleh jaringan terorisme dengan meledakkan bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu. Juga dipenuhi oleh pemberitaan persekusi yang dilakukan salah satu ormas pada beberapa pihak yang dianggap menghina pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Penelitian ini akan mengurai pembingkaian media cetak, SKH Kompas dan SKH Republika, dalam pemberitaannya mengenai peristiwa-peristiwa radikalisme di atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana frame pemberitaan SKH Kompas dan SKH Republika dalam pemberitaan mengenai radikalisme. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis berita-berita SKH Kompas dan SKH Republika mengenai bom bunuh diri di Kampung Melayu dan persekusi. Jenis dari penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data dari analisis framing model Robert N. Entman. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan naskah-naskah berita yang didokumentasikan dari Harian Kompas dan Harian Republika mengenai bom bunuh diri di Kampung Melayu dan berita-berita persekusi pada edisi 26 Mei 2017-8 Juni 2017. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Harian Kompas membingkai berita radikalisme dari sisi sosial, ekonomi, dan hukum. Sementara Republika membingkai radikalisme dari sisi sosial keagamaan. Dalam pemberitaannya, Republika mencitrakan positif terhadap Islam dan ulama dengan menonjolkan sisi positif ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, radikalisme, bom Kampung Melayu, Persekusi, Kompas, Republika.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Apr 2018 14:46
Last Modified: 20 Apr 2018 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum