MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AL-IKHLASH TEMPEL CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nur Dela Ialuhun NIM: 04410774, (2009) MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AL-IKHLASH TEMPEL CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN ALQUR'AN AL-IKHLASH TEMPEL CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN ALQUR'AN AL-IKHLASH TEMPEL CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah bahwa kurikulum adalah landasan dalam setiap lembaga pendidikan baik lembaga formal maupun lembaga non formal, fenomena saat ini yang ada lembaga non formal khususnya pada TPA masih banyak yang belum memiliki kurikulum. Namun di TPA Al-ikhlash telah memiliki kurikulum yang dapat dijadikan pijakan oleh para Ustadz-Ustadzah untuk mencapai tujuan pembelajaran oleh karena itu menarik untuk diteliti manajemen kurikulumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, hasil pelaksanaan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan maupun yang menghambat manajemen kurikulum di TPA Al-Ikhlash. Hal ini menarik untuk dilakukan penelitian, karena untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya melaksanakan manajemen kurikulum di TPA, sekaligus untuk memberikan gambaran tentang manajemen kurikulum pada pendidikan lembaga non formal yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang manajemen kurikulum pada jenjang pendidikan anak usia dini skaligus lembaga non formal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar TPA Al-Ikhlash Tempel Caturtunggal Depok Sleman Yogyakart. Dengan menggunakan pendekatan Manajemen Pedidikan. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1). Manajemen Kurikulum di TPA Al- Ikhlash dilaksanakan dengan cara Penyusunan rencana pembelajaran, meliputi: menyusun kalender pendidikan, menyusun jadwal kegiatan belajar, membuat Silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi: pertama Pengelompokan kegiatan belajar mengajar mencakup tiga kelompok, kegiatan pra pembelajaran kelas, kegiatan pembelajaran kelas dan sholat berjamaah. kedua Proses kegiatan pembelajaran kelas ada tiga tahap, tahap pertama kegiatan awal, tahap kedua kegiatan inti tahap ketiga kegiatan akhir. Dalam ketiga tahap ini ada pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar peserta didik. 2) Hasil Pelaksanaan Kurikulum Hasil Pelaksanaan Kurikulum di TPA Al-Ikhlash dapat dilihat melalui ketercapaian standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dan di wujudkan dalam bentuk angka yang tertera dalam raport atau rekapitulasi nilai. 3) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan yang menghambat Manajemen Kurikulum. a). Faktor Pendukung, (1) Lingkungan (2). Utadz-Ustadzah (3). Santri (4). Buku Panduan.. b). Faktor Penghambat. (1) Santri (2) Dana (3) Sarana Prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Sep 2012 17:59
Last Modified: 11 Sep 2012 18:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum