PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA)

IRFAN INDRIYANTONO, NIM. 14820006 (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA))
14820006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA))
14820006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Marketing is one of the important activities that a company needs to do to improve its business. However, in increasing its business sometimes a company only prioritize profits regardless of whether the marketing process is doing harm to others or not. Sharia marketing is a marketing concept which in all its activities is based on Islamic principles. The difference is in ethics and morale which in sharia marketing is not only concerned with the benefits but also the stakeholders. This research was conducted to analyze the influence of sharia marketing characteristics to customer loyalty with customer satisfaction as intervening variable. In this study used four dimensions of sharia marketing characteristics that are theistic, ethical, realistic, and humanistic. This research is a survey research conducted at Bank Syariah Mandiri Yogyakarta. The sample used in this research is 100 respondents. The sampling method in this research is non probability sampling which the sampling technique is incidental sampling. The results of the research in (F test) show that theistical, ethical, realistic, and humanistic variables simultaneously affect customer satisfaction and customer loyalty. Partial test results (t test) on customer loyalty indicates that only customer satisfaction has a significant effect, while other independent variables have no effect. The result of partial test (t test) on customer satisfaction shows that only the theistic variables have no effect, while the ethical, realistic, and humanistic variables have positive and significant influence. Path analysis shows that ethical, realistic, and humansitis variables have a positive and significant effect on customer loyalty with customer satisfaction as intervening variable. While the theistic variables have no effect. ( INDONESIA) Marketing merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usahanya. Namun, dalam meningkatkan usahanya terkadang suatu perusahaan hanya mementingkan keuntungan saja tanpa memperhatikan apakah proses marketing yang dilakukannya merugikan pihak lain atau tidak. Syariah marketing merupakan konsep pemasaran yang mana dalam seluruh kegiatannya berlandaskan prinsip-prinsip Islam. Perbedaannya terletak pada etika dan moral yang mana dalam syariah marketing tidak hanya mementingkan keuntungan saja namun juga kepentingan pihak yang terkait. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini digunakan empat dimensi karakteristik syariah marketing yaitu teistis, etis, realistis, dan humanistis. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non probability sampling sedangkan teknik pengambilannya adalah incidental sampling. Hasil penelitan dalam (Uji F) menunjukkan bahwa variabel teistis, etis, realistis, dan humanistis secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Hasil uji parsial (Uji t) terhadap loyalitas nasabah menunjukkan bahwa hanya kepuasan nasabah yang berpengaruh, sedangkan variabel independen yang lain tidak berpengaruh. Hasil uji parsial (Uji t) terhadap kepuasan nasabah menunjukkan bahwa hanya variabel teistis yang tidak berpengaruh, sedangkan variabel etis, realistis, dan humanistis berpengaruh positif dan signifikan. Dalam analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel etis, realistis, dan humansitis berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Sedangkan variabel teistis tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Akhmad Yusuf Khoiruddin, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Characteristics of Sharia Marketing, Theistic, Ethical, Realistic, Humanistic, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Karakteristik Syariah Marketing, Teistis, Etis, Realistis, Humanistis, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 May 2018 14:14
Last Modified: 08 May 2018 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum