PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN GINJAL PADA IKAN BAWAL LAUT (Formio niger) DAN NILA (Oreochromis niloticus)

Nurul Safitri A, 12640009 (2017) PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN GINJAL PADA IKAN BAWAL LAUT (Formio niger) DAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN GINJAL PADA IKAN BAWAL LAUT (Formio niger) DAN NILA (Oreochromis niloticus))
12640009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN GINJAL PADA IKAN BAWAL LAUT (Formio niger) DAN NILA (Oreochromis niloticus))
12640009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ikan Bawal laut dan Nila termasuk dalam ordo Perciformes. Kedua ikan tersebut hidup pada habitat yang berbeda yaitu air laut dan air tawar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur anatomi dan histologi ginjal pada kedua ikan. Digunakan dua tahap pengamatan, yaitu pengamatan anatomi dan histologi. Pembuatan preparat histologi menggunakan metode parafin, dengan pewarnaan Hematoxylin-Eosin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawal laut dan nila memiliki bentuk tubuh stream line dan bentuk ginjal y-shape. Ginjal ikan Nila memiliki warna merah tua terang dan memiliki tekstur lebih lunak daripada ginjal ikan Bawal yang memiliki warna merah tua lebih gelap. Morfometri berbeda, pada Nila berat tubuh (355 g) berat ginjal (1,62 g) lebih berat dari pada Bawal berat tubuh (333,3 g) berat ginjal (1,43 g) dengan rasio antara ukuran relatif ginjal pada bawal dan nila adalah 11:10. Histologi ginjal bawal dan nila memiliki bagian tubulus distal, tubulus proksimal, glomerulus dan jaringan limfoid. Diameter glomerulus dan kepadatan tubulus ikan nila (69,22 μm) lebih besar dari ikan bawal (61,25 μm). Dapat disimpulkan adanya perbedaan struktur anatomi dan histomorfometri ginjal dipengaruhi oleh perbedaan habitat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Arifah Khusnuryani, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: anatomi, Bawal laut (Formio niger), ginjal, histologi, nila (Oreochromis niloticus)
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Sep 2018 13:52
Last Modified: 20 Sep 2018 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum