EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TIPE PICTORIAL RIDDLE DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR

DIAJUKAN OLEH IZZA KAMILA, NIM. 13600012 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TIPE PICTORIAL RIDDLE DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TIPE PICTORIAL RIDDLE DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR)
13600012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TIPE PICTORIAL RIDDLE DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR)
13600012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran matematika menggunakan model inkuiri tipe pictorial riddle dengan konten integrasi-interkoneksi lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep; 2) apakah pembelajaran matematika menggunakan model inkuiri tipe pictorial riddle dengan konten integrasi-interkoneksi lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini adala quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequevalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dengan konten integrasi interkoneksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Qur’an Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi dalam lima kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas VII D dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dengan konten integrasi interkoneksi. Kelas VII E dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan teknik sampling yaitu sampling purposive. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan skala sikap. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji kesamaan rata-rata menggunakan uji mann-whitney untuk data pemahaman konsep dan uji-t untuk motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini dibantu dengan bantuan Software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dengan konten integrasi-interkoneksi lebih efektif terhadap pemahaman konsep dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, kelas eksperimen nilai rata-rata N-gain 0,323 sedangkan kelas kontrol rata-rata Ngain 0,021. Model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dengan konten integrasi-interkoneksi lebih efektif terhadap motivasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, kelas eksperimen nilai rata-rata 0,344 N-gain 0,323 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata N-gain 0,225.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inkuiri, pictorial riddle, integrasi interkoneksi, pemahaman konsep, motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:57
Last Modified: 19 Jul 2018 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum