EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP N 4 YOGYAKARTA

NUR LAILI FITRIYANI, NIM. 13600049 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP N 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP N 4 YOGYAKARTA)
13600049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP N 4 YOGYAKARTA)
13600049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Gerlach dan Ely dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta, dan (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Gerlach dan Ely dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (penelitian semu) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Gerlach dan Ely serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self awareness. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 169 siswa, sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 68 siswa. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diberikan treatment berupa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Gerlach dan Ely, sedangkan kelas VIII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest kemampuan spasial, Pretest Posttest self awareness, RPP yang dilengkapi dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT), dan LKS. Teknik analisis data menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t, dengan bantuan Software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Gerlach dan Ely lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Gerlach dan Ely lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awarenes siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Gerlach dan Ely, Kemampuan Spasial, Self Awareness.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Jul 2018 11:02
Last Modified: 20 Jul 2018 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum