PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA

Sapto Harmoko, NIM. 1520011002 (2018) PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA)
1520011002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA)
1520011002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employee engagement terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Sampel penelitian ini adalah pustakawan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta pada bulan Oktober 2017 yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Angket digunakan untuk mengukur variabel employee engagement dan kinerja pustakawan, sedangkan dokumentasi untuk mendukung data penelitian. Berdasarkan Analisis Deskriptif Kuantitatif, hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Berdasarkan hasil hitung grand mean, tingkat employee engagement di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta adalah sebesar 2,97 atau dalam kategori tinggi, (2) Berdasarkan hasil hitung grand mean, tingkat kinerja pustakawan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta adalah sebesar 3,26 atau dalam kategori sangat tinggi, (3) Berdasarkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji lineritas serta uji hipotesis dengan regresi sederhana, hasil penelitian menunjukkan bahwa employee engagement mempunyai pengaruh yang positif dan siginifikan terhadap kinerja pustakawan dan pengaruhnya berada pada kategori sedang yang ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 0,570X + 27,091 dengan koefisien regresi (rxy) sebesar 0,572, koefisien determinasi (r²xy) sebesar 0,327 dan diperoleh thitung sebesar 2,416 lebih besar dari ttabel (2,416 > 2,180). Berdasarkan koefisien determinasi (r²xy) sebesar 0,327 artinya 32,7 % kinerja pustakawan dipengaruhi oleh employee engagement sementara sisanya 67,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan agar Pustakawan Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta diharapkan meningkatkan indikator penyerapan (absorption) yang terdiri dari 6 butir soal yaitu butir soal nomor 13 yaitu responden fokus dan tidak memperdulikan hal lain yang ada disekitarnya, ketika sedang bekerja, mempunyai nilai rata-rata 2,00 tergolong rendah dan butir soal nomor 15 yaitu responden larut dalam pekerjaannya, mempunyai nilai ratarata 2,29 tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag S.IP. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Employee Engagement, Kinerja Pustakawan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Nov 2018 13:46
Last Modified: 13 Nov 2018 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum