KONSEP IDEAL MORAL SEBAGAI LANDASAN METODOLOGIHUKUMISLAM (TELAAH KOMPARATIF ANT ARA FAZLUR RAHMAN DAN MASDAR F. MAS'UDI)

MUHAMMAD ZAINI, NIM. 00360192 (2004) KONSEP IDEAL MORAL SEBAGAI LANDASAN METODOLOGIHUKUMISLAM (TELAAH KOMPARATIF ANT ARA FAZLUR RAHMAN DAN MASDAR F. MAS'UDI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP IDEAL MORAL SEBAGAI LANDASAN METODOLOGIHUKUMISLAM (TELAAH KOMPARATIF ANT ARA FAZLUR RAHMAN DAN MASDAR F. MAS'UDI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP IDEAL MORAL SEBAGAI LANDASAN METODOLOGIHUKUMISLAM (TELAAH KOMPARATIF ANT ARA FAZLUR RAHMAN DAN MASDAR F. MAS'UDI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Sebagaimana telah lumrah dalam diskursu.•> hukum Islam, seringkali pemahaman ke arah upaya kontekstualisasi terbentur dengan panduan bangw1ar1 mctodologi klasik yang tcrlanjur dianggap mapan. Kcnyataan ini seiling dcngan ma'>ih mcngcntalnya scjumlah pandangan yang mcmandang mctodologi klasik tcrhindar dari sebuah cacat epistemologis. Dalam pcmbahasan skripsi ini, pcnyll'>un hcndak bcrupaya mclctakkan khazanah mctodologi kla"ik scbagai scmangat kctauladanar1 dalam mcrwnuskan bar1gw1an mctodologi hukwn Islan1 yang lcbih solutif bagi problem-problem kcmanusiaan. Jika dalam mctodologi klasik lcbih mcnckankan pcnyclcsaian masalah mclalui proscdur tckstual-formalistik. maka tawaran dalam skripsi ini lcbih pada pcnckanan pencarian keseimbangan priorita-;-prioritas ma'>/ahfilJ dan pcnciptaan kcindahan moral hukun1, bukan semata-mata scbuah kcput usan hukun1 yang sckadar tcrikat dan gandrung pada prosedur litcralita-; tcks (ai-Qur'an dan ai-Swmah). Upaya kc arah tujuan tersebut, pcnclitian skripsi ini mcnggunakan pcrangkat analisis deskdptif-analitis-komparati[ scbagai acuan unt uk mcmperoleh data yar1g akurat dan obyektif Selanjutnya, perangkat analisis tcrscbut dijabarkan dengan pola nalar induktif dan koherensi inlemal. Pola nalar induklifadalah memiliki akar pijak pada sebuah realitas dengan mencermati proses-proses sosial untuk memperoleh nilai­ nilai moral-universal yang kemudian dijadikan Iandasan prinsipil dalarn proses keputusan hukum Islam. Sedangkan pola nalar koherensi intemal adalah upaya mencari keterkaitan internal (intemal relation) antara hukum dengan moralitas yang ditawarkan oleh Fazlur Rahman dan Masdar F. Mas'udi yang menyangkut perbedaan dan persarnaanya Dengan demikian, sebagai studi tokoh, skripsi ini menekankan penelaahan pendekatan moral dan tujuan kemaslahatan kemanusiaan universal,-walaupun sesungguhnya keduanya terdapat sisi-sisi perbedaan-yang diupayakan dapat berjalin kelindan dengan cakrawala pandang keseimbangan. Dcngan kata lain antara konsep "ideal moral" yang dipelopori oleh Rahman di sat u pihak dar1 ''lead m la/Jah" yang dipelopori oleh Masdar di pihak lain, satu sarna lain tidak untuk dipertentangkan, tctapi harus selalu bersanding secara padu mcmbcnt uk satu kcsatuan metodologi yang integral dalarn merumuskan hal-hal barll

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. KHALID ZULF A, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep ideal moral
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Sep 2018 08:16
Last Modified: 19 Sep 2018 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum