PERBEDAAN TINGKAT RELIGIUSITAS MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI TRAINING ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) (Study Kasus Terhadap Training ESQ 165 Bagi Mahasiswa Angkatan 12 DIY)

Wildatus Sofiah NIM. 04410711, (2009) PERBEDAAN TINGKAT RELIGIUSITAS MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI TRAINING ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) (Study Kasus Terhadap Training ESQ 165 Bagi Mahasiswa Angkatan 12 DIY). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN TINGKAT RELIGIUSITAS MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI TRAINING ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) (Study Kasus Terhadap Training ESQ 165 Bagi Mahasiswa Angkatan 12 DIY) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN TINGKAT RELIGIUSITAS MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI TRAINING ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) (Study Kasus Terhadap Training ESQ 165 Bagi Mahasiswa Angkatan 12 DIY) )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya pendidikan agama Islam harus mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan yang mampu diterapkan dalam kehidupan secara integratif. Akan tetapi ada beberapa kritik yang dialamatkan pada proses pelaksanaan pendidikan agama islam bahwa selama ini proses pendidikan agama islam cenderung hanya menekankan proses alih pengetahuan, padahal seharusnya pelaksanaan pendidikan islam perlu menekankan pada proses alih nilai, sehingga hasil yang diinginkan belum tercapai secara maksimal. Di tengah-tengah permasalahan tersebut, muncul sebuah training yang bertujuan mengubah paradigma seseorang tentang agama dan tuhan dengan menggunakan pendekatan emosional dan spiritual, yakni training ESQ 165. Hasil dari penelitian ini cukup menakjubkan. Akan tetapi perlu adanya data ilmiah yang menyatakan hal tersebut. Oleh karena itu penelitian dengan tema ini perlu diadakan dan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan religiusitas mahasiswa antara sebelum dan sesudah mengikuti training ESQ 165 angkatan 12 Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah peserta training ESQ 165 tingkat mahasiswa angkatan 12 DIY sebanyak 139 peserta. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random sampling), dari 139 peserta dipilih 20 peserta sebagai sampel dengan cara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan realibilitas. Hasil analisis validitas angket menunjukan dari 64 butir angket terdapat 46 butir terbukti valid, sedangkan 18 butir lainnya gugur. Sedangkan hasil analisis reliabilitas angket menunjukan koefisien sebesar 0,9536 dan dinyatakan sangat reliabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparasi uji "t". Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) religiusitas mahasiswa sebelum mengikuti training ESQ 165 angkatan 12 DIY yaitu dengan rata-rata nilai 151,7. Hal ini berarti bahwa secara mayoritas religiusitas mahasiswa sebelum training ESQ masuk dalam tingkatan Sedang, 2) religiusitas mahasiswa setelah mengikuti training ESQ 165 angkatan 12 DIY yaitu dengan rata-rata nilai 185,5. Hal ini berarti bahwa secara mayoritas religiusitas mahasiswa setelah training ESQ masuk dalam tingkatan Tinggi. 3) Hasil analisis tentang perbedaan religiusitas mahasiswa antara sebelum dan sesudah mengikuti training ESQ angkatan 12 Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan analisis komparasi uji"t" diperoleh harga "to" sebesar 13,58 dan tabel t pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,09 sedangkan pada taraf signifikansi 1 % t t diperoleh sebesar 2,86. Maka interpretasinya adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara religiusitas mahasiswa sebelum mengikuti training ESQ dengan religiusitas mahasiswa setelah mengikuti training ESQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Mahasiswa, Training, Emotional Spiritual Quotient
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Sep 2012 16:47
Last Modified: 14 Sep 2012 16:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum