EKSPERIMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARATU AL-ISTIMA' DI MTsN SLEMAN KOTA, D. I YOGYAKARTA

ZAINAL ABIDIN NIM : 0442 0875, (2009) EKSPERIMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARATU AL-ISTIMA' DI MTsN SLEMAN KOTA, D. I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARATU AL-ISTIMA' DI MTsN SLEMAN KOTA, D. I YOGYAKARTA )
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARATU AL-ISTIMA' DI MTsN SLEMAN KOTA, D. I YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan menyimak siswa kelompok eksperimen (kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media audio-visual). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VIII di MTsN Sleman Kota, D.I Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Sleman Kota, D.I Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 70 siswa, yang terdiri atas dua kelas yaitu, kelas VIII A sebagai kelompok kontrol sejumlah 35 siswa dan kelas VIII B sebagai kelompok eksperiment sejumlah 35 siswa. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Sedangkan pengkajian instrument dalam rangka menguji keampuhan instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji validitas yang dipakai adalah uji validitas instrument rumus Korelasi product moment karl person sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha, persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus kai kuadrat, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus Kolmogorof semirnof. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji quot;t quot;. Berdasarkan hasil analisis uji quot;t quot; disimpulkan bahwa quot; terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menyimak antara siswa kelompok eksperimen (kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media audio-visual) quot;. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 18.60, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 13.80, dari rata-rata peningkatan kemampuan menyimak tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 6.37, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 2.57, dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa media audio visual dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar menyimak siswa, dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media yang tepat dalam pembelajaran menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.pd
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Media Audio Visual, Pembelajaran, Bahasa Arab, Maharatu Al-Istima'
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Aug 2012 17:57
Last Modified: 04 Apr 2017 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum