MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SEKOLAH RAMAH ANAK DI KELAS V SDN 1 AMPENAN KOTA MATARAM

SITI RUQOIYYAH, NIM. 1620420012 (2018) MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SEKOLAH RAMAH ANAK DI KELAS V SDN 1 AMPENAN KOTA MATARAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SEKOLAH RAMAH ANAK DI KELAS V SDN 1 AMPENAN KOTA MATARAM)
1620420012_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SEKOLAH RAMAH ANAK DI KELAS V SDN 1 AMPENAN KOTA MATARAM)
1620420012_BAB _II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran IPA berbasis sekolah ramah anak menekankan pada aktivitas peserta didik, untuk melakukan berbagai kegiatan yang nyata seperti mengamati dan melihat langsung , mencoba dengan melakukan sendiri (learning by doing) tanpa adanya berbagai intimidasi atau tekanan dari pihak lain. Peserta didik dibebaskan untuk berekspresi dan mengemukakan pendapatnya tanpa ada rasa takut. Sehingga peserta didik dapat membentuk pengetahuannya. Seperti halnya pembelajaran yang telah dilaksanakan di SDN 1 Ampenan Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan gambaran umum sekolah ramah anak di SDN 1 Ampenan Kota Mataram, 2) model pembelajaran IPA berbasis sekolah ramah anak di kelas V SDN 1 Ampenan Kota Mataram 3) dampak model pembelajaran IPA berbasis sekolaha ramah anak di kelas V SDN 1 Ampenan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa kelas V SDN 1 Ampenan Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ramah anak di SDN 1 Ampenan Kota Mataram sudah memenuhi enam prinsip sekolah ramah anak yaitu nondiskriminiasi, kepentingan terbaik bagi anak, kelangsungan dan perkembanga hidup anak, penghormatan terhadap pandangan anak, serta pengelolaan sekolah yang baik. Di samping itu sekolah ramah anak di SDN 1 Ampenan Kota Mataram telah memenuhi enam komponen sekolah ramah anak yaitu adanya komitmen tertulis yang memuat kebijakan sekolah ramah anak, pelaksanaan pembelajaran yang ramah, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, sarana dan prasarana yang ramah anak, partisipasi anak, dan partisapasi orang tua. Sedangkan dalam pembelajaran IPA berbasis sekolah ramah anak mengacu pada prinsip 3P (provisi, proteksi, partisapasi) yang diimplementasikan melalui pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan), pembelajaran tematik, dan CTL (Contextual teaching and learning). Pembelajaran IPA berbasis sekolah ramah anak tersebut memiliki dampak bagi peserta didik. Adapun dampaknya peserta didik dapat lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilannya khususnya dalam bidang IPA. Disamping itu hak-hak peserta didik dapat terpenuhi terpenuhinya melalui prinsip 3P.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Hj.Erni Munastiwi, MM.,
Uncontrolled Keywords: sekolah ramah anak,model pembelajaran ipa, prinsip 3p
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Nov 2018 14:13
Last Modified: 22 Nov 2018 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum