JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN KONFLIK MUSLIM ROHINGYA (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Jurnalisme Damai dalam Pemberitaan Konflik Muslim Rohingya di Portal Berita Tempo.co Periode Januari-Oktober 2017)

Tiara Apriyani, NIM. 14210051 (2018) JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN KONFLIK MUSLIM ROHINGYA (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Jurnalisme Damai dalam Pemberitaan Konflik Muslim Rohingya di Portal Berita Tempo.co Periode Januari-Oktober 2017). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN KONFLIK MUSLIM ROHINGYA (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Jurnalisme Damai dalam Pemberitaan Konflik Muslim Rohingya di Portal Berita Tempo.co Periode Januari-Oktober 2017))
14210051_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN KONFLIK MUSLIM ROHINGYA (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Jurnalisme Damai dalam Pemberitaan Konflik Muslim Rohingya di Portal Berita Tempo.co Periode Januari-Oktober 2017))
14210051_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

TIARA APRIYANI 14210051. Jurnalisme Damai dalam Pemberitaan Konflik Muslim Rohingya (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Jurnalisme Damai dalam Pemberitaan Konflik Muslim Rohingya di Portal Berita Tempo.co. Periode Januari-Oktober 2017). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2018. Konflik antara etnis Rohingya dan mayoritas penduduk Myanmar yang beragama Budha merupakan konflik kemanusiaan yang seolah tak berkesudahan. Konflik ini telah terjadi selama berpuluh-puluh tahun lamanya dan tak kunjung menuai kata damai. Media massa sendiri memiliki praktik jurnalismenya yang diharapkan bisa menjadi salah satu sarana bagi seorang jurnalis untuk lebih kreatif dalam mengolah berita konflik. Praktik itu bernama jurnalisme damai yang dicetuskan oleh Johan Galtung. Jurnalisme damai adalah cara membingkai berita yang lebih luas, seimbang dan akurat. Penelitian inipun ingin meneliti apakah Tempo.co sudah menerapkan prinsip jurnalisme damai dalam pemberitannya mengenai konflik muslim Rohingya dan bagaimana penerapannya. Data yang diambil dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis isi kuantitatif dengan rumus Holsti. Penelitian ini menganalisis teks berita di Tempo.co selama Januari-Oktober 2017 dengan menggunakan kategori berita yang diadopsi dari konsep jurnalisme damai milik Johan Galtung di mana terdapat 4 dimensi yang diteliti yaitu orientasi perdamaian, orientasi masyarakat, orientasi kebenaran dan orientasi solusi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan mengenai konflik muslim Rohingya di Tempo.co sudah menerapkan prinsip jurnalisme damai. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa Tempo.co dalam menuliskan pemberitaan konflik muslim Rohingya di Myanmar sudah berorientasikan perdamaian. Kata kunci: Jurnalisme Damai, konflik muslim Rohingya, Tempo, analisis isi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Damai, konflik muslim Rohingya, Tempo, analisis isi.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2018 15:00
Last Modified: 23 Nov 2018 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum