PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN DANPENAKSIRAN KELAS IV SDIT AR RAIHAN BANTUL

DESI NUR IKA, NIM. 13480011 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN DANPENAKSIRAN KELAS IV SDIT AR RAIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN DANPENAKSIRAN KELAS IV SDIT AR RAIHAN BANTUL)
13480011_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN DANPENAKSIRAN KELAS IV SDIT AR RAIHAN BANTUL)
13480011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Desi Nur Ika, "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pembulatan Dan Penaksiran Bilangan Kelas IV SDIT Ar Raihan Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) terdapat peningkatan rata-rata kelas eksperimen maupun kelas kintrol sesudah diberi perlakuan dan sebelum diberi perlakuan, 2) pengaruh metode tipe TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV SDIT Ar Raihan Bantul, dan 3) besarnya sumbangan pengaruh kemampuan pemecahan masalh pada kelas yang menggunakan metode tipe TGT kelas IV SDIT Ar Raihan Bantul. Penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Ar Raihan yang terdiri 3 kelas namun hanya diambil 2 kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pedoman serta lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mann whitney (non-parametrik) untuk hasil skala setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 0,31. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pretest yaitu sebesar 61,4 dan hasil posttest sebesar92,4, 2) terdapat pengaruh metode tipe TGT terhadap kemampuan pemechan masalah matematika peserta didik kelas IV SDIT Ar Raihan Bantul, dan 3) sumbangan pengaruh model pembelajaran tipe TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik SDIT Ar Raihan sebesar 0,32 dan dikategorikan tingginkarena hasil yang diperoleh positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kooperatif, TGT , kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Nov 2018 09:07
Last Modified: 30 Nov 2018 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum