PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG

TRI CAHYANTARI, NIM. 14480016 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG)
HALAMAN JUDUL, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tri Cahyantari. "Pendidikan karakter pada Pembiasaan Shalat berjamaah bagi Peserta didik Kelas V MI Sultan Agung". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang masalah ini ialah bahwa banyaknya kasus kejahatan dan kenakalan remaja yang terjadi di sekitar kita. Hal ini dikarenakan banyak hal diantaranya pendidikan agama dan moral yang diajarkan di sekolah atau madrasah masih kurang karena lebih mengajarkan pada dasar-dasar agama, sementara akhlak atau kandungan nilainya belum sepenuhnya disampaikan selain itu pengaruh globalisasi yang semakin tak terkendlikan sehingga karakter bangsa ini menjadi menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Pembiasaan Shalat Berjamaah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari Pembiasaan Shalat Berjamaah bagi peserta didik kelas V MI Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang studi kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Adapun yang menjadi narasumber adalah Kepala Madrasah, Imam shalat Dhuha (koordinator), wali kelas V, Guru Pendamping dan peserta didik kelas V MI Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, pelaksanaan Pembiasaan Shalat Berjamaah di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta merupakan kegiatan rutin setiap pagi dan siang yaitu Shalat Dhuha dan Dhuhur. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari mulai pukul 06.30-07.00 WIB dan pada pukul 12.30-12.45 WIB. Sesampainya di Masjid peserta didik akan mempersiapkan diri untuk melaksanakan Shalat berjamaah baik Dhuha maupun Dhuhur. Kedua, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pembiasaan Shalat berjamaah ini meliputi: religius, disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, dan tanggung jawab. Ketiga, faktor pendukung meliputi: adanya presensi shalat, tersedianya fasilitas masjid yang sudah layak untuk digunakan, madrasah menyediakan buku Yasin untuk pelaksanaan Shalat Dhuha, dukungan atau respon dari orang tua dengan diadakannya Shalat berjamaah. Faktor penghambat meliputi: belum seimbang antara jumlah peserta didik dan pendamping kegiatan, kesadaran guru dalam mendampingi peserta didik dan terkadang guru pendamping terlambat, peserta didik sering bercanda berlebih terhadap temannya dalam kegiatan, pada peserta didik yang terlambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa. SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter,Pembiasaan, Shalat Berjamaah, MI Sultan Agung
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:32
Last Modified: 04 Dec 2018 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum