PERAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN

DHYAJENG ANDISTIANINGRUM SARWOTO, NIM. 14480019 (2018) PERAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN)
14480019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN)
14480019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Dhyajeng Andistianingrum Sarwoto, "Peran Ice Breaking terhadap Minat Belajar Matematika kelas V SD Negeri Cebongan Sleman". Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Proses pembelajaran Matematika di kelas VB SD Negeri Cebongan Sleman terdapat kegiatan ice breaking. Guru memberikan ice breaking di awal pembelajaran, tengah pembelajaran, dan akhir pembelajaran. Berbagai macam ice breaking yang dilakukan oleh peserta didik berperan dalam proses pembelajaran Matematika di kelas VB. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan ice breaking di pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Cebongan Sleman, (2) Mengetahui peran ice breaking terhadap minat belajar Matematika kelas V SD Negeri Cebongan Sleman, (3) Mengetahui tipologi ice breaking yang didasarkan pada landasannya dalam meningkatkan minat belajar kelas V SD Negeri Cebongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif dengan tiga teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cebongan Sleman pada bulan Oktober 2017 hingga Maret 2018. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika kelas VB Sleman dan peserta didik kelas VB. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan ice breaking saat pembelajaran Matematika yang diambil dari wawancara, observasi, dokumentasi dan (2) Peran ice breaking dalam proses pembelajaran Matematika yang diambil dari wawancara, observasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan conclusion drawing. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain: (1) pelaksanaan ice breaking di pembelajaran Matematika kelas VB SD Negeri Cebongan Sleman terdapat dua jenis menurut teknisnya yaitu ice breaking spontan (tanya kabar, tepuk, dan humor) dan ice breaking terencana (nyanyian lagu, gerak tubuh, dan game), (2) Peran ice breaking terhadap minat belajar Matematika kelas VB yaitu menarik peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, menciptakan perasaan senang bagi peserta didik, membangkitkan semangat peserta didik, memfokuskan konsentrasi peserta didik, mencairkan suasana pembelajaran Matematika, mengurangi rasa kantuk, mengurangi rasa bosan, (3) Berdasarkan landasan pentingnya ice breaking, ice breaking yang terdapat di pembelajaran Matematika kelas VB SD Negeri Cebongan Sleman yaitu ice breaking nyanyian lagu, gerak tubuh, game atau permainan mencakup tiga landasan (landasan empiris, teoritis, dan yuridis) sedangkan ice breaking tanya kabar, humor, tepuk mencakup dua landasan (landasan empiris, yuridis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Mauluah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Ice breaking, Pembelajaran Matematika SD/MI, Landasan ice breaking
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:48
Last Modified: 04 Dec 2018 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum