DIMENSI KEBERAGAMAAN SANTRI PESANTREN MASYARAKAT AL-BARQY NURANI INSANI DI TAHUNAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

VIVTITO ZAINUR ROHMAH, NIM. 11520030 (2018) DIMENSI KEBERAGAMAAN SANTRI PESANTREN MASYARAKAT AL-BARQY NURANI INSANI DI TAHUNAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIMENSI KEBERAGAMAAN SANTRI PESANTREN MASYARAKAT AL-BARQY NURANI INSANI DI TAHUNAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
11520030_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DIMENSI KEBERAGAMAAN SANTRI PESANTREN MASYARAKAT AL-BARQY NURANI INSANI DI TAHUNAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
11520030_BAB- II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pesantren Masyarakat al-Barqy Nurani Insani merupakan pesantren yang berbasis masyarakat. Adapun tujuan dibentuk Pesantren tersebut untuk menambah kualitas bacaan terhadap Al-Qur’an. Selain itu, pembelajaran di Pesantren Masyarakat al-Barqy Nurani Insani adalah menambah pengetahuan mengenai agama Islam. Oleh karena itu, tujuan santri al-Barqy Nurani Insani untuk belajar al-Qur’an mempengaruhi kehidupan sosial, pola pikir, dan kebersamaan masingmasing individu. Penelitian ini menjelaskan mengenai dimensi keberagamaan santri di pesantren masyarakat al-Barqy Nurani Insani. Adapun Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengungkapkan dimensi keberagamaan santri di pesantren menggunakan metode baku psikologi agama, yaitu melihat dimensi-dimensi setelah dan sebelum mengikuti pemebalajaran a-Qur’an di pesantren masyarakat al-Barqy. Data kemudian diklasifikasi dan dianalisis menggunakan pendekatan psikologi agama. Oleh karena itu, dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Glork and Stark. Dalam teori tersebut dijelaskan untuk menyusun psikografi agama, agama diuraikan menjadi lima dimensi yaitu, ideologis, ritualistis, eksperensial, intelektual, dan konsekuensial. Temuan pada penelitian ini adalah: Pertama, Metode Bimbingan Belajar Membaca al-Qur’an (BBQ) di Pesantren Masyarakat Nurani Insani di Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta yaitu dengan menggunakan metode al-Barqy . Cara belajar membaca al-Qur’an dengan metode ini sangat mudah untuk dipahami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan cukup dengan waktu 8 jam pembelajaran maka santri binaan akan dapat membaca al-Qur’an. Kelebihan dari metode ini adalah praktis untuk segala umur, tidak perlu berjilid-jilid, cepat membaca huruf bersambung, tidak membosankan karena menggunakan teknikteknik yang akurat dan menarik, sangat tepat bila dipakai klasikal bahkan masal. Kedua, adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada santri binaan yang ada di Pesantren Masyarakat al-Barqy Nurani Insani yaitu perubahan keyakinan yang semakin kuat dari sebelumnya terhadap konsep ketuhanan, perubahan kepercayaan yang lebih kuat terhadap ritual peribadahan, perubahan dalam menyikapi atau ekspresi dari pemahaman agama yang dipahami, pemahaman ilmu agama yang semakin kuat dan luas, serta perubahan-perubahan perilaku yang lebih positif atas berkembangnya pemahaman keberagamaan. Selain itu, para santri binaan Pesantren Masyarakat al-Barqy Nurani Insani Kampung Tahunan ini juga dapat lebih memahami bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, dan kecintaan mereka terhadap al-Qur’an juga semakin kuat maka secara otomatis membuat para santri binaan Pesantren Masyarakat al-Barqy Nurani Insani Kampung Tahunan memiliki hubungan sosial yang jauh lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Roma Ulinnuha, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: dimensi keberagamaan, perubahan, pesantren masyarakat
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:20
Last Modified: 10 Dec 2018 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum