PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V MI WAHID HASYIM

FAJAR DWI MUKTI, NIM. 1620420028 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V MI WAHID HASYIM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V MI WAHID HASYIM)
1620420028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V MI WAHID HASYIM)
1620420028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran IPA materi daur air di kelas V MI Wahid Hasyim; (2) Mengetahui kualitas produk media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran IPA materi daur air; (3) Mengetahui hasil respon guru dan siswa sehingga media layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan dalam media ini adalah model 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahapan yang dilakukan terdiri dari tiga tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Media pembelajaran Augmented Reality (AR) ini dinilai oleh 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang peer reviewer, 1 orang guru kelas V dan 10 siswa kelas V MI Wahid Hasyim untuk mengetahui tanggapan siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan evaluasi menggunakan bentuk uraian non objektif untuk uji kualitas produk media pembelajaran IPA. Hasil penelitian adalah: (1) telah dikembangkan produk media pembelajaran Augmented Reality (AR) materi daur air yang dijalankan di android versi 4.1 jelly bean, (2) Media pembelajaran Augmented Reality (AR) materi daur air dengan kelayakan sesuai penilaian keseluruhan reviewer dan peer reviewer memperoleh kualitas sangat baik yaitu 90.2%, (3) respon atau tanggapan guru kelas V Sangat Baik dengan diperoleh persentase 82.57%. Begitu juga tanggapan siswa diperoleh persentase 90.2% dengan tanggapan positif sehingga media pembelajaran memiliki kategori kualitas pada kriteria Sangat Baik yang didukung juga dengan hasil nilai siswa yang mengalami penaikan 35.8%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran IPA materi daur air di kelas V MI Wahid Hasyim layak dipergunakan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Penelitian Pengembangan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Dec 2018 13:19
Last Modified: 10 Dec 2018 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum