PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Adawiyati NIM. 05410184, (2009) PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa indikator keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik adalah mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Namun kenyataannya, transformasi Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan masih berkaitan erat dengan ranah kognitif dan psikomotor saja, sehingga ranah afektif belum tercapai secara optimal. Hal tersebut juga terjadi di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Permasalahan pada penelitian ini adalah mengapa pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta belum tercapai secara optimal dan upaya apa yang dilakukan oleh guru agama agar pembelajaran ranah afektif Pebdidikan Agama Islam tercapai secara optomal. Penelitian ini bertujuan mengungkap sebab-sebab belum optimalnya pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam dan mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru agama untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa tekhnik pengumpulan data dan engecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta belum bisa optimal disebabkan oleh kurangnya alokasi waktu, sarana pendukung, keterbatasan guru untuk mengontrol siswa selama 24 jam, cara mengajar yang kerang efektif dan berbagai macam latar bwlakang siswa. (2) Upaya yang dilakukan guru agama untuk mengoptimalkan Pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta adalah dengan melaksanakan Religious Culture di lingkungan sekolah berupa: Membuat program kegiatan PAI di luar jam pelajaran, penggalangan dana, bekerja sama dengan orang tua/wali siswa, diklat untuk guru PAI dan sosialisasi kepada orang tua/wali siswa, siswa dan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Afektif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Sep 2012 20:41
Last Modified: 12 Sep 2012 20:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum