AKTUALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA MELALUI PERMAINAN OUTBOUND DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA

LUKMAN, NIM. 1620430002 (2018) AKTUALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA MELALUI PERMAINAN OUTBOUND DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA MELALUI PERMAINAN OUTBOUND DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA)
162043002_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA MELALUI PERMAINAN OUTBOUND DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA)
162043002_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lukman, “Aktualisasi multiple intelligences pada Anak Usia Dini melalui permainan outbound di TK Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta”. Tesis, program studi pendidikan islam anak usia dini (PIAUD), program pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Tema ini dipilih karena pentingnya mengaktualisasi multiple intelligences pada Anak Usia Dini melalui permainan outbound. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis dan mengetahui bagaimana aktualisasi multiple intelligences pada Anak Usia Dini melalui permainan outbound. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pembelajaran Anak Usia Dini, terutama dalam pembelajaran multiple intelligences pada permainan outbound untuk Anak Usia Dini, sekaligus sebagai bahan rujukan untuk TK Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta maupun masyarakat luas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan psikologis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipasi pasif, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta triangulasi. Setelah data didapatkan, dilakukan pengecekan keabsahan data, menganalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengembangan pembelajaran outbound dirancang sedemikian rupa agar anak-anak tidak merasa bosan menerima pembelajaran didalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, anak dapat bereksplorasi dan mengekspresikan multiple intelligences dalam setiap kegiatan bermain dengan menggunakan empat jenis pijakan, yaitu; (a) pada saat penataan lingkungan, (b) pada saat pijakan sebelum main (circle time1), (c) pada saat kegiatan main, (d) pada saat pijakan setelah main (circle time 2/ recalling). Setiap permainan outbound selalu memberikan dukungan kemampuan komunikasi, menghitung, gerak-tubuh, sosial, kerjasama, naturalis, dan nilai moral terhadap viii perkembangan anak. Kedua, problematika dari aktualisasi multiple intelligences pada Anak Usia Dini melalui permainan outbound meliputi; anak sulit berbicara, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, adanya media sosial, dan guru yang tidak kreatif. Dan yang Ketiga, hasil dari aktualisasi multiple intelligences pada anak Usia Dini melalui permainan outbound dapat memberikan nilai positif terhadap perkembangan anak. Permainan outbound dapat dilakukan dengan berbagai macam permainan seperti; menirukan bunyi, permainan sedikit-banyak, permainan bola estafet, galah asin, menggambar, memainkan alat musik, menirukan gerak, memasang, dan lain-lain sebagainya. Melalui permainan outbound anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan verbal-linguistik, logika-matematik, visual-spasial, musik, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan moral.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Mulltiple Intelligences, Anak Usia Dini, dan Permainan Outbound.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 09:45
Last Modified: 03 Jan 2019 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum