METODE PEMBELAJARAN TAHFIZ JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ( TKIT ) IMAM SYAFI’I YOGYAKARTA

ELLY ERMAWATI NIM : 05410160, (2009) METODE PEMBELAJARAN TAHFIZ JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ( TKIT ) IMAM SYAFI’I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN TAHFIZ JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ( TKIT ) IMAM SYAFI’I YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN TAHFIZ JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ( TKIT ) IMAM SYAFI’I YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini, yakni usia TK adalah usia anak untuk bermain, bernyanyi, sepeti halnya dalam hal pembelajaran di TK pada umumnya yang diwarnai dengan adanya pelajaran menyanyi, sedangkan di TKIT Imam syafi'i ini sendiri meniadakan pelajaran menyanyi akan tetapi lebih memperbanyak waktu anak bersama dengan hafalan-hafalan juz amp;#8216;Amma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Metode Pembelajaran Tahfiz Juz amp;#8216;Amma di Taman Kakan-kanak Islam Terpadu (TKIT) Imam Syafi'i Yogyakarta. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Metode apa saja yang digunakan oleh para uztadzah dalam pembelajaran Tahfiz Juz amp;#8216;Amma di TKIT Imam Syafi'i?, Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam penggunaan metode Tahfiz Juz amp;#8216;Amma di TKIT Imam Syafi'i? Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh ustadzah TK untuk menyampaikan mata pelajaran tahfiz juz amp;#8216;Amma dengan metode yang relevan, kontekstual dan disesuaikan dengan kemampuan santri/siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan pedagogis-psikologis, yakni penelitian ini berusaha untuk mengkaji pokok permasalahan penelitian dengan sudut pandang pendidikan, sedangkan secara psikologis sebagai suatu proses pembelajaran memerlukan berbagai faktor yang secara keseluruhan merujuk kepada kegiatan belajar mengajar di kelas yang efektif dan efisien. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) metode pembelajaran tahfidz juz amma yang digunakan di TKIT Imam Syafi'i meliputi: a) musyafahah, b) demonstrasi, c) pembiasaan, d) setor individu, e) kuis, f) murajaah, g) belajar sambil bermain. (2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tahfidz juz amma di TKIT Imam syafi'I ini ditinjau dari berbagai aspek telah menghasilkan kemajuan yang cukup sinifikan yakni tercapainya target hafalan. Keberhasilan tersebut karena didukung oleh beberapa faktor. Walaupun demikian, penggunaan metode pembelajaran tahfidz juz amma di TKIT Imam syafi'I ini juga belum bisa maksimal dikarenakan adanya kendala atau faktor penghambat yang datang dari beberapa aspek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr Hj Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tahfiz Juz 'Amma
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Sep 2012 18:27
Last Modified: 11 Sep 2012 18:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum