INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA

Muhammad Amin Qodri Syahnaidi, NIM: 14420063 (2018) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA)
14420063_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA)
14420063_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab, pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab serta implikasi pendidikan karakter terhadap karakter peserta didik di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek penelitian di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: (1) Perencanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dituangkan ke dalam silabus dan RPP. Integrasi pendidikan karakter pada tahap perencanaan pembelajaran telah dilakukan dalam ranah filosofis, materi dan strategi. (2) Pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pemberian nasihat, serta keteladanan guru dalam mengajar bahasa Arab. Integrasi pendidikan karakter pada tahap pelaksanaan pembelajaran telah dilakukan pada ranah filosofis, materi dan strategi. (3) Implikasi pendidikan karakter terhadap karakter siswa menunjukkan bahwa terdapat karakter yang terlihat pada siswa berupa religius, patuh, disiplin, komunikatif dan tanggung jawab. Kata kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jan 2019 16:03
Last Modified: 04 Jan 2019 16:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum