MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SAINS AL-QUR’AN DI SMA SAINS AL QURAN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Hana Lutfi Alifah, NIM. 11410004 (2018) MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SAINS AL-QUR’AN DI SMA SAINS AL QURAN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SAINS AL-QUR’AN DI SMA SAINS AL QURAN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
11410004_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SAINS AL-QUR’AN DI SMA SAINS AL QURAN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
11410004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia belum lepas dari masalah dikotomi, dimana materi agaa dan umum dipisahkan. Sifat dikotomi dapat dihilangkan dengan cara mengintegrasikan ilmu sains dengan Islam. Persoalannya adalah bagaimana cara menerapkannya?. Pengintegrasian sains dan agama ternyata sudah diterapkan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa SMA Sains Al-Qur’an menyelenggarakan pendidikan berbasis sains Al-Qur’an, mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran integratif Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Sains Al-Qur’an serta dampak pembelajaran pendekatan sains Al-Qur’an terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Sains al-Qur’an yang berjumlah 47 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dasar pemikiran dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis sains Al-Qur’an adalah sesuai dengan visi sains Al-Qur’an dan realitas kebutuhan masyarakat akan sains dan teknologi yang mampu menjawab tantangan zaman sehinggu mampu membentuk karakter kuat yang berkepribadian Al-Qur’an dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang sains dan teknologi, beserta aspek lainnya sesuai program unggulan pesantren. 2) Penerapan pembelajaran integratif Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan dengan menggunakan model integrasi The webbed model (model jaring laba-laba) dan The integrated model (model terintegrasi). Pelaksanaan dimulai dengan melakukan perencanaan, yakni menentukan tema, menyatukan dengan disiplin ilmu lain, dan menyatukan dengan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan karakteristik serta prinsip model pembelajaran integratif yakni prinsip holistik, bermakna, otentik, dan aktif. Pelaksanaan pembelajaran juga sesuai dengan visi sains Al-Qur’an, yaitu dengan menggunakan strategi sains Al-Qur’an approach. Faktor penghambat pembelajaran diantaranya alokasi waktu belajar yang kurang, tidak ada silabus khusus sehingga guru harus mempersiapkan sendiri tema sains Al-Qur’an atau disiplin ilmu lain yang akan diintegrasikan, serta membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mempersiapkan. 3) Dampak pembelajaran integratif Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan sains Al-Qur’an di SMA Sains Al-Qur’an dapat membuat peserta didik antusias, aktif, dan memiliki hasil belajar yang baik. Kata kunci : pembelajaran integratif, pendekatan sains Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: pembelajaran integratif, pendekatan sains Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 09:00
Last Modified: 07 Jan 2019 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum