PROGRAM LITERASI INFORMASI UNTUK MEWUJUDKAN CIVITAS AKADEMIKA YANG LITERATE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MELALUI THE BIG SIX

Tika Mei Rahmawatiyah, NIM. 15130002 (2018) PROGRAM LITERASI INFORMASI UNTUK MEWUJUDKAN CIVITAS AKADEMIKA YANG LITERATE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MELALUI THE BIG SIX. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROGRAM LITERASI INFORMASI UNTUK MEWUJUDKAN CIVITAS AKADEMIKA YANG LITERATE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MELALUI THE BIG SIX)
15130002_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM LITERASI INFORMASI UNTUK MEWUJUDKAN CIVITAS AKADEMIKA YANG LITERATE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MELALUI THE BIG SIX)
15130002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Era digital semakin hari semakin canggih dan menyebabkanledakan informasi dalam arti informasi semakin hari semakin melimpah. Untuk menangkal ledakan informasi literasi informasi merupakan cara yang tepat diterapkan khususnya di perguruan tinggi. Literasi informasi merupakan suatu kegiatan mengidentifikasi masalah, mencari informasi, menggunakan informasi, sampai kepada tahap mengevaluasi informasi. Banyak model yang dapat digunakan oleh perpustakaan perguruan tinggi untuk menerapkan literasi informasi. Salah satunya model The Big Six yang telah diterapkan di Perpustakaan UMY. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui point apa saja yang ada dalam model The Big Six yang telah terimplementasikan dalam kegiatan literasi informasi. Literasi informasi di Perpustakaan UMY diterapkan dalam pelatihan di kelas literasi dengan berbagai macam kegiatan yaitu pelatihan brainstroming, mand mapping, cara mencari jurnal, teknik penulisan, pelatihan membuat kutipan, teknik parafrase, dan turnitin. Kemudian penyusun mencocokkan kegiatan apa saja yang telah terimplementasikan dalam setiap point dalam model The Big Six. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan dan memaparkan tentang bagaimana Program Literasi Informasi untuk Mewujudkan Civitas Akademika yang Literate di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui The Big Six. Kata Kunci: Literasi Informasi, The Big Six

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Marwiyah, S.Ag., S.S., M.LIS
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, The Big Six
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jun 2019 13:25
Last Modified: 19 Jun 2019 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum