MANAJEMEN PERPUSTAKAAN EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK KELAS A1 RA AR RAIHAN BANTUL

NURUL HIKMAWATI, NIM. 13430035 (2018) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK KELAS A1 RA AR RAIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERPUSTAKAAN EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK KELAS A1 RA AR RAIHAN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERPUSTAKAAN EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK KELAS A1 RA AR RAIHAN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen perpustakaan efektif kelas A1 RA Ar Raihan Bantul, mengetahuiupaya manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak didik di RA Ar Raihan Bantul dan mengetahui dampak manajemen perpustakaan efektif terhadap minat baca anak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi kelas A1 RA Ar Raihan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi manajemen perpustakaan efektif dalam menumbuhkan minat baca kelas A1 RA Ar Raihan Bantul sudah terlihat bagus. Dengan adanya alur peminjaman buku, penataan buku dan ruangan, serta perawatan buku sudah sangat baik. Karena dilakukan oleh guru kelas atau semua guru yang bertugas di ruang perpustakaan, sehingga anak dapat belajar dengan nyaman dan tenang ketika berada diruang perpustakaan. 2) Upaya manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak didik di RA Ar Raihan Bantul yaitu dengan mengadakan lomba-lomba untuk meningkatkan minat membaca sehingga anak dapat lancar membaca dan berinteraksi dengan sesama. 3) Dampak manajemen perpustakaan efektif terhadap minat baca anak sudah terlihat dengan adanya anak lebih senang belajar di dalam ruang perpustakaan ataupun membaca di perpustakaan keliling yang dapat meningkatkan minat dan memotivasi untuk belajar lebih giat sehingga hasil belajar mendapatkan hasil yang lebih baik. Sehingga anak dapat memahami arti membaca diruang perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Minat, Baca
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jan 2019 10:14
Last Modified: 14 Jan 2019 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum