MANAJEMEN KELAS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELAS A RA TIARA CHANDRA KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA

WINDARI DIAH FITRIATI, NIM. 14430076 (2018) MANAJEMEN KELAS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELAS A RA TIARA CHANDRA KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KELAS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELAS A RA TIARA CHANDRA KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
14430076_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KELAS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELAS A RA TIARA CHANDRA KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
14430076_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas berbasis model pembelajaran sentra yang dilaksanakan di kelas A RA Tiara Chandra, mengetahui faktor penghambat dan faktor pedukung dalam pelaksanaannya, serta dampak pelaksanaan manajemen kelas berbasis model pembelajaran sentra bagi perkembangan anak di kelas A RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di RA Tiara Chandra Krapyak Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan : (1) Manajemen kelas berbasis model pembelajaran sentra di kelas A sudah terlaksana dengan baik, guru menerapkan fungsi manajemen dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan untuk kelancaran pembelajaran di kelas. (2) Faktor pendukung yaitu kurikulum dan tersedianya fasilitas/ sarana prasarana, semangat guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. sedangkan faktor penghambat yaitu guru yang belum memahami manajemen kelas, kurangnya kesadaran siswa dalam menyelesaikan tugas, dan kebiasaan anak yang di bawa dari keluarga. (3) Dampak pelaksanaan manajemen kelas menunjukkan adanya pencapaian perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: manajemen kelas, pembelajaran sentra
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jan 2019 09:45
Last Modified: 18 Jan 2019 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum