IMPLEMENTASI DIGITAL LIBRARY DALAM RUMUSAN IFLA PADA AGENDA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 (Studi Kasus di Layanan Digital Library UPT Perpustakaan UNY)

Risty Prasetyawati, NIM: 1620011034 (2018) IMPLEMENTASI DIGITAL LIBRARY DALAM RUMUSAN IFLA PADA AGENDA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 (Studi Kasus di Layanan Digital Library UPT Perpustakaan UNY). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DIGITAL LIBRARY DALAM RUMUSAN IFLA PADA AGENDA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 (Studi Kasus di Layanan Digital Library UPT Perpustakaan UNY))
1620011034_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DIGITAL LIBRARY DALAM RUMUSAN IFLA PADA AGENDA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 (Studi Kasus di Layanan Digital Library UPT Perpustakaan UNY))
1620011034_BAB-II_sampai_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Digital library merupakan sistem layanan yang menyediakan sumber daya informasi dalam bentuk digital dengan memanfaatkan berbagai jenis teknologi informasi yang dapat diakses secara a single point of access melalui jaringan komputer atau networks sehingga tersedia dan terjangkau secara ekonomis oleh pengguna yang membutuhkannya. Permasalahan dalam penelitian ini ada tiga (3) yaitu Bagaimana implementasi digital library di Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Bagaimana implementasi digital library dalam rumusan IFLA pada agenda sustainable development goals (SDGs) 2030, dan Bagaimana hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital library dalam mendukung rumusan IFLA pada agenda sustainable development goals (SDGs) 2030. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pemilihan informan melalui teknis purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi digital library di UPT Perpustakaan UNY telah terlaksana dengan baik dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi tahap investigasi (identifikasi), analisis, desain, implementasi, pemeliharaan, dan evaluasi (I–A–D– I–P–E). (2) Digital library merupakan salah satu upaya dalam implementasi rumusan IFLA yakni menyediakan akses publik terhadap sumber informasi dan resources diberbagai bidang secara gratis. (3) Hubungan antara implementasi digital library di UPT Perpustakaan UNY dengan rumusan IFLA pada agenda sustainable development goals (SDGs) 2030 memiliki persamaan tujuan yaitu menyediakan kemudahan akses publik terhadap sumber informasi dan resources di berbagai bidang untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Namun ada perbedaan antara keduanya yaitu aksesibilitas informasi. Sementara itu keduanya dapat disinergikan dengan kerja sama atau jaringan perpustakaan digital di seluruh dunia. Kata Kunci : digital library, IFLA, sustainable development goals (SDGs)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rokhyanti Zulaikha, M.Si
Uncontrolled Keywords: digital library, IFLA, sustainable development goals (SDGs)
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jun 2019 09:13
Last Modified: 11 Jun 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum