KOMPARASI PRODUK FATWA EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA DAN INGGRIS SERTA RELEVANSINYA DENGAN REGULASI KEUANGAN SYARIAH

INTAN SUKMASAKTI S. PUTRI, NIM. 1620311034 (2018) KOMPARASI PRODUK FATWA EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA DAN INGGRIS SERTA RELEVANSINYA DENGAN REGULASI KEUANGAN SYARIAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI PRODUK FATWA EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA DAN INGGRIS SERTA RELEVANSINYA DENGAN REGULASI KEUANGAN SYARIAH)
1620311034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI PRODUK FATWA EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA DAN INGGRIS SERTA RELEVANSINYA DENGAN REGULASI KEUANGAN SYARIAH)
1620311034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Fatwa adalah sebuah pendapat atau tafsiran terhadap suatu masalah yang berkenaan dengan hukum Islam. Ekonomi syariah kini telah berkembang di berbagai belahan dunia. Bukan hanya negara-negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, bahkan negara-negara Barat kini telah mengembangkan sistem ekonomi syariah. Negara Barat pertama dalam mengembangkan ekonomi syariah adalah Inggris dan hingga kini perkembangannya cukup maju. Sedangkan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, perlu lebih mengembangkan ekonomi syariah. Perangkat-perangkat yang mampu menjadikan ekonomi syariah berkembang salah satu diantaranya adalah perangkat hukum suatu negara. Sebagaimana yang diketahui, fatwa merupakan ramburambu yang dipakai lembaga keuangan syariah di suatu negara. Untuk itu penting melakukan sebuah perbandingan fatwa antar negara untuk melihat perkembangan regulasi keuangan syariah serta relevansinya dengan fatwa ekonomi syariah di masingmasing negara. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perbandingan. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dilakukan dengan menggali referensi-referensi yang berkaitan dengan fatwa ekonomi syariah dan regulasi keuangan syariah di Indonesia dan Inggris. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara substansial, fatwa di Indonesia dan Inggris banyak memiliki kesamaan. Fatwa di kedua negara bermazhab IDB (Islamic Development Bank). Perbedaan keduanya terletak pada posisi fatwa dalam pembuatan regulasi keuangan syariah. Perbedaan lain pada kodifikasi fatwa. Di Indonesia fatwa ekonomi syariah memiliki relevansi dengan regulasi keuangan syariah. Sedangkan di Inggris, fatwa ekonomi syariah tidak emiliki relevansi dengan regulasi keuangan ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Drs. H. Ratno Lukito, MA, DCL
Uncontrolled Keywords: Fatwa, Ekonomi Syariah, Komparasi Hukum, Indonesia, Inggris
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Jan 2019 11:32
Last Modified: 30 Jan 2019 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum