IMPLEMENTASI LIVING QUR’AN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA

ANISA KHABIBATUS S, NIM. 1420411158 (2018) IMPLEMENTASI LIVING QUR’AN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (IMPLEMENTASI LIVING QUR’AN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
1420411158_Anisa Khabibatus S_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LIVING QUR’AN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
1420411158_Anisa Khabibatus S_BAB II_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

2018. Interaksi antara al-Qur’an dengan masyarakat pembacanya khususnya orang Islam menghasikan pemahaman dan respon yang sangat beragam. Pada lembaga pendidikan Islam terutama, al-Qur’an tidak hanya dijadikan bahan bacaan saja tetapi juga, kegiatan, materi, tujuan dan pedoman dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicanangkan. Penelitian tentang living Qur’an di SMP Islam Al- Azhar 26 Yogyakarta ini berusaha untuk mengungkap bagaimana implementasi living Qur’an di lembaga pendidikan formal yang berciri khas Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah konsep dan pelaksanaan living Qur’an yang dilakukan di SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah analisis datanya ialah: 1. Melakukan reduksi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian. Adapun sebagai acuan digunakan teori pemetaan wilayah studi living Qur’an oleh Hamam Faizin yang terbagi dalam empat bagian yaitu aspek oral/recitation, kedua aspek aural/hearing, ketiga aspek writing/tulisan, keempat aspek attitude/sikap. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: pertama, konsep living Qur’an di SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta adalah mengamalkan al-Qur’an dan nilainilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari. Kedua, Implementasi living Qur’an di SMPIA dapat dipetakan pada empat aspek yaitu oral/recitation, aural/hearing, writing/tulisan, dan attitude/ perilaku. Pada aspek oral terdapat beberapa program kegiatan yaitu klinik dan tahsin al-Qur’an, tadarus dan tahfidz Qur’an. Pada aspek aural terdapat kegiatan sima’an siswa tahfidz. Pada aspek writing/tulisan terdapat kegiatan PAB Kaligrafi dan plangisasi asma’ al-husna. Pada aspek attitude/perilaku terdapat kegiatan pembiasaan nilai karakter yang bersumber dari al-Qur’an. Kegiatan-kegiatan tersebut diimplementasikan pada kurikulum lewat kegiatan intra kurikuler, eksta kurikuler dan ko kurikuler serta pendidikan karakter melalui pembiasaan dalam kegiatan keseharian siswa mulai masuk sekolah hingga pulang sekolah. Ada beberapa faktor yang menjadi penghambat keberhasilan program ini antara lain: kondisi psikologis siswa, kurangnya waktu, dan kurang maksimalnya dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Hamdan Daulay.,
Uncontrolled Keywords: Living Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2019 13:56
Last Modified: 13 Feb 2019 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum