PENGARUH HASIL INVESTASI, SURPLUS UNDERWRITING, DAN KLAIMTERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURAANSI YANG MEMILIKI UNIT SYARIAH TAHUN 20114-2017

RETNO WULAN SARI, NIM. 11390019 (2018) PENGARUH HASIL INVESTASI, SURPLUS UNDERWRITING, DAN KLAIMTERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURAANSI YANG MEMILIKI UNIT SYARIAH TAHUN 20114-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HASIL INVESTASI, SURPLUS UNDERWRITING, DAN KLAIMTERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURAANSI YANG MEMILIKI UNIT SYARIAH TAHUN 20114-2017)
11390019_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HASIL INVESTASI, SURPLUS UNDERWRITING, DAN KLAIMTERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURAANSI YANG MEMILIKI UNIT SYARIAH TAHUN 20114-2017)
11390019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Asuransi syariah memberikan banyak pilihan alternatif perlindungan dan investasi pada tertanggung apabila terjadi risiko di masa mendatang. Oleh karena itu perusahaan asuransi membutuhkan dana yang cukup besar untuk menutupi semua tanggungan tersebut. Menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan investasi atas aset-aset yang ada untuk mencukupi kebutuhan akan dana yang dikelola. Agar dapat dipercaya oleh peserta, perusahaan asuransi syariah harus memiliki kinerja keuangan yang bagus dan laporan keuangan yang dinyatakan wajar, sehingga dapat meningkatkan keuntungan atau laba yang diperoleh perusahaan itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk melihat kesiapan perusahaan asuransi syariah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan ekonomi global. Saat diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) industri asuransi nasional menghadapi tantangan besar. Industri asuransi syariah di tanah air semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan sektor perusahaan perasuransian yang makin beragam. Perkembangan perasuransian syariah terbagi menjadi perusahaan asuransi syariah dan reasuransi syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil investasi, surplus underwriting, dan klaim terhadap laba pada industri asuransi syariah periode 2014-2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang pengumpulan datanya diperoleh dari publikasi laporan keuangan masing-masing perusahaan asuransi syariah yang menjadi objek penelitian. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu perusahaan asuransi syariah yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) periode 2014-2017 sehingga terdapat 14 perusahaan terpilih sebagai sampel. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hasil investasi berpengaruh positif signifikan terhadap laba dengan nilai sig sebesar 0,0005 dan nilai t hitung negatif 3.69130. Variabel surplus underwriting tidak berpengaruh terhadap laba dengan nilai sig sebesar 0,0935 dan nilai t sebesar 1.708919. Serta klaim tidak berpengaruh terhadap laba dengan nilai sig sebesar 0,8109 dan nilai t sebesar -0.240481.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Muh. Yazid Afandi, M. Ag.,,
Uncontrolled Keywords: Laba, Hasil Investasi, Surplus Underwriting, Klaim
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Feb 2019 11:16
Last Modified: 14 Feb 2019 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum