PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024, NIM. 14680024 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA)
14680024_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA)
14680024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk True Experiment dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan teknik non tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem reproduksi. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK), Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2019 12:26
Last Modified: 16 Feb 2019 12:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum