PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 KASIHAN

DENA EMARANI HERIANA, NIM. 14680043 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 KASIHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 KASIHAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 KASIHAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian True Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen PBL dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SSCS. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan instrumen lembar angket. Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imunitas. Teknik analisis data motivasi belajar mengguankan uji statistik Kruskal Wallis Test, dan analisis data hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,018 0,05, 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,000 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian True Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen PBL dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SSCS. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan instrumen lembar angket. Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imunitas. Teknik analisis data motivasi belajar mengguankan uji statistik Kruskal Wallis Test, dan analisis data hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,018 0,05, 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,000 0,05.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:11
Last Modified: 18 Feb 2019 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum