MANAJEMEN PARTISIPATIF WARGA SEKOLAH GUNA PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMAN 1 Aikmel Lombok Timur)

Abdul Latif, NIM. 1620410100 (2018) MANAJEMEN PARTISIPATIF WARGA SEKOLAH GUNA PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMAN 1 Aikmel Lombok Timur). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PARTISIPATIF WARGA SEKOLAH GUNA PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMAN 1 Aikmel Lombok Timur))
1620410100_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PARTISIPATIF WARGA SEKOLAH GUNA PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMAN 1 Aikmel Lombok Timur))
1620410100_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menjelaskan tentang: (1) Program pengembangan budaya religius peserta didik di SMAN I Aikmel Lombok Timur; (2) Penerapan manajemen partisipatif warga sekolah dalam pengembangan budaya religius peserta didik di SMAN I Aikmel Lombok Timur; (3) Respon warga sekolah terhadap manajemen partisipatif dalam pengembangan budaya religius peserta didik di SMAN I Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di SMAN I Aikmel Lombok Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model alur yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan: pertama, program pengembangan budaya religius peserta didik dirumuskan mendasar pada visi dan misi sekolah, dilaksanakan dengan metode pendidikan nilai yang komprehensif, mencakup tataran nilai, praktik, dan simbol budaya, melalui enam kegiatan utama yaitu berseragam islami, Senyum, Salam dan Sapa, berdoa, KULTUM dan salat duhur berjamaah dan membaca Al- 30 menit sebelum memulai pembelajaran; Kedua, penerapan manajemen partisipatif warga sekolah dalam pengembangan budaya religius dilakukan dalam bentuk pelibatan warga sekolah dalam proses pengambilan keputusan, pelaksanaan, memperoleh manfaat dan evaluasi. Pelibatan dalam proses pengambilan keputusan program atas dasar prinsip-prinsip keterbukaan; pelibatan dalam pelaksanaan melalui pendelegasian keputusam secara proporsional dan profesional; pelibatan dalam memperoleh manfaat dan evaluasi melalui pelaporan dan pertanggungjawaban yang transparan dan akuntable. Ketiga, Respon warga sekolah dalam manajemen partisipatif baik, berupa sikap dan tindakan positif warga sekolah dalam manajemen pengembangan budaya religius peserta didik sehingga berkontribusi dalam peningkatan kualitas program. Implikasi teoritis sebagai sumbangan pengembangan teori dalam penelitian ini, adalah teori pre self management yakni tingkat partisipasi dalam pengembangan budaya religius yang berada dalam sekolah. Semua stakeholder mampu menjalin kerjasama secara equal dalam struktur, fungsi dan tanggung jawab. Mereka juga mampu menjalin interaksi tentang hal-hal penting dari program walaupun belum sampai pada kesadaran untuk saling belajar (learning proses). Kata kunci: Manajemen Partisipatif, Penanaman Nilai, Budaya Religius, SMAN 1 Aikmel Lombok Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Partisipatif, Penanaman Nilai, Budaya Religius, SMAN 1 Aikmel Lombok Timur.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:14
Last Modified: 20 Mar 2019 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum