FAKTOR-FAKTOR KELEMAHAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS X IIS 1 MAN 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Kuntantri Watifah, NIM. 14420105 (2018) FAKTOR-FAKTOR KELEMAHAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS X IIS 1 MAN 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR KELEMAHAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS X IIS 1 MAN 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14420105_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR KELEMAHAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS X IIS 1 MAN 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14420105_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kelemahan mahārah alqirā’ah siswa kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta dan upaya guru dalam mengatasi kelemahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling berupa purposive sampling atau pengambilan berdasarkan tujuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab, masih terdapat kendala berupa kelemahan siswa dalam mahārah al-qirā’ah. Adapun faktor kelemahan mahārah al-qirā’ah siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta yaitu pertama: Faktor Linguistik: minimnya kemampuan siswa dalam pemahaman kaidah bahasa Arab dan bekal kosakata, minimnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam kalimat yang tepat, membaca teks qirā’ah masih seperti membaca ayat Al-Qur’an, dan kesulitan dalam penentuan tanda baca, intonasi dan penekanan kalimat. Kedua: Faktor Non Linguistik: terbatasnya waktu yang disediakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda. Ketiga: Faktor Psikologi Belajar: rendahnya motivasi dan minat belajar bahasa Arab siswa, sehingga ketika pembelajaran berlangsung banyak dari siswa yang masih kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kelemahan al-qirā’ah siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta yaitu memberikan tanya jawab kepada siswa yang belum paham akan materi yang sedang dipelajari, membuat metode-metode alternatif agar siswa mudah memahami meteri, memberikan dorongan kepada siswa untuk belajar dengan teman yang lebih tahu, memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar bahasa Arab baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah, dan membuat siswa agar tidak menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit. Kata Kunci: Faktor, Kelemahan Mahārah Al-Qirā’ah, Psikologi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Faktor, Kelemahan Mahārah Al-Qirā’ah, Psikologi Belajar
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:01
Last Modified: 21 Mar 2019 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum