Ma'na Al Salam Fi Al Riwayah Kleopatra Fi Khan Al Khaliliy Li Mahmud Taymur Bika : Dirasah Simiyaiyyah Inda Roland Barthes

Lailatus Saadah, NIM. 14110048 (2018) Ma'na Al Salam Fi Al Riwayah Kleopatra Fi Khan Al Khaliliy Li Mahmud Taymur Bika : Dirasah Simiyaiyyah Inda Roland Barthes. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ma'na Al Salam Fi Al Riwayah Kleopatra Fi Khan Al Khaliliy Li Mahmud Taymur Bika : Dirasah Simiyaiyyah Inda Roland Barthes)
14110048_BAB_I, IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Ma'na Al Salam Fi Al Riwayah Kleopatra Fi Khan Al Khaliliy Li Mahmud Taymur Bika : Dirasah Simiyaiyyah Inda Roland Barthes)
14110048_BAB_II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Makna Perdamaian dalam Novel Kleopatra fi Khan al-Khalili karya Mahmud Taymur (Analisis Semiotika Roland Barthes)”. Kleopatra fi Khan al-Khalili merupakan salah satu novel karya sastrawan modern bernama Mahmud Taymur. Novel ini bercerita tentang kronologi perjalanan konferensi damai yang berlangsung di Mesir. Namun terdapat bermacam-macam pendapat tentang konsep perdamaian. Oleh karena itu، penulis merasa perlu untuk menemukan konsep perdamaian dalam novel Kleopatra fi Khan al-Khalili agar pembaca dapat memahami pesan yang dimasukkan pengarang ke dalam novelnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tanda-tanda yang dimunculkan untuk mewakili perdamaian dalam novel Kleopatra fi Khan al-Khalili serta Menganalisis dan menemukan makna perdamaian melalui tanda dalam novel Kleopatra fi Khan al-Khalili yang ditemukan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Novel Kleopatra fi Khan al-Khalili menampilkan beberapa informasi terkait perdamian di dunia yang dikaji melalui semiosis. Melalui tanda-tanda bahasa berupa kalimat dan wacana yang dimunculkan dalam novel akan diketahui tujuan dan faedah sebuah perdamian yang hendak dicapai. Faktor inilah yang menjadikan novel Kleopatra fi Khan al-Khalili perlu dianalisis untuk menemukan konsep perdamaian yang dimaksud dalam novel. Analisis semiotika Roland Barthes cocok digunakan dalam penelitian ini untuk menemukan konsep perdamain dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan konsep perdamaian dalam novel bersisian dengan konsep perdamaian menurut Islam, yakni; perdamian berarti menghapus peperangan, perdamaian berarti keamanan bagi seluruh manusia, perdamian berarti kebebasan, dan perdamaian berarti keadilan bagi seluruh manusia. Kemudian novel Kleopatra fi Khan al-Khalili memunculkan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa perdamaian merupakan cita-cita yang imajiner. Kata kunci: Perdamaian, Denotasi, Konotasi, Semiotik, Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, MA.
Uncontrolled Keywords: Perdamaian, Denotasi, Konotasi, Semiotik, Roland Barthes.
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:40
Last Modified: 26 Mar 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum