Nafsiyyat Al Shakhsi Al Raisiy Nafsiyat Al Shakhs Al Raisiy Fi Al Riwayah 'aid Ila Hayyifan Lighasan Kanafaniy : Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah Inda Abraham Maslow

Rifdah Nuha Nazhifah, NIM. 14110058 (2018) Nafsiyyat Al Shakhsi Al Raisiy Nafsiyat Al Shakhs Al Raisiy Fi Al Riwayah 'aid Ila Hayyifan Lighasan Kanafaniy : Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah Inda Abraham Maslow. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Nafsiyyat Al Shakhsi Al Raisiy Nafsiyat Al Shakhs Al Raisiy Fi Al Riwayah 'aid Ila Hayyifan Lighasan Kanafaniy : Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah Inda Abraham Maslow)
14110058_BAB-I_IV_Daftar-Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Nafsiyyat Al Shakhsi Al Raisiy Nafsiyat Al Shakhs Al Raisiy Fi Al Riwayah 'aid Ila Hayyifan Lighasan Kanafaniy : Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah Inda Abraham Maslow)
14110058_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rifdah Nuha Nazhifah, 14110058, Nafsiyatu syakhsi ar-raisy fi riwayah ‘Aidun ila Haifa li Ghassan Kanafani (Dirasah Tahliliyah Sikulujiyah ‘inda Abraham Maslow), Bahasa dan Sastra Arab, Fak. Adab dan Ilmu Budaya Skripsi ini berjudul Psikologis Tokoh Utama dalam Novel ‘Āidun ilā Haifa Karya Ghassan Kanafani Kajian Psikologi Abraham Maslow. Skripsi ini mengkaji kebutuhan-kebutuhan yang terpenuhi pada tokoh utama novel ‘Āidun ilā Haifa berdasarkan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow serta kepribadian tokoh utama berdasarkan kebutuhan tersebut. peneliti tertarik untuk meneliti novel ini karena didalam novel ini terdapat beberapa fenomena psikologis seperti tekanan batin yang dialami tokoh utama (Said dan Safiya) akibat perang dan kehilangan anak pertama mereka karena perang tersebut. selanjutnya, ada dua masalah mendasar dalam skripsi ini, yaitu kebutuhan apa saja yang terpenuhi pada tokoh utama dalam novel tersebut serta bagaimana kepribadian tokoh utama berdasarkan kebutuhan tersebut? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis yang berpegang pada teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kajian kepustakaan, diawali dengan membaca serta memahami isi serta tema cerita. Kemudian mencatat data-data dalam novel ‘Āidun ilā Haifa yang berkaitan dengan kebutuhan bertingkat menurut teori psikologi Abraham Maslow dan menganalisis kepribadian tokoh utama berdasarkan kebutuhan tersebut. Dengan menggunakan teori tersebut terungkap masalah-masalah yang terdapat dalam novel ‘Āidun ilā Haifa yakni terungkap kebutuhan- kebutuhan yang terpenuhi pada tokoh utama yang mencakup lima hirearki : kebutuhan fisiologi, kebutuhan keamanan, kebutuhan akan cinta, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan untuk beraktualisasi diri. Berdasarkan kebutuhan tersebut, dapat diketahui motivasi besar tokoh utama adalah bertemu dengan anak pertama mereka, Khaldun. Sehingga pemenuhan motivasi tersebut mempengaruhi kepribadian tokoh utama (Said dan Safiya). Kepribadian Said dan Safiya setelah bertemu Khaldun yakni, Said: tenang, percaya diri, menikmati tanggung jawab, dapat mengendalikan diri dan jujur serta Safiya: tenang, percaya diri, realistis. Kata Kunci: Novel ‘Āidun ilā Haifa , Ghassan Kanafani, Psikologi Abraham Maslow.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Novel ‘Āidun ilā Haifa , Ghassan Kanafani, Psikologi Abraham Maslow.
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:40
Last Modified: 26 Mar 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum