PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)

Ficky Taufikurrochman, NIM. 14480050 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK))
14480050_BAB I_ V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK))
14480050_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Peneliti bertujuan untuk (1) mengembangkan produk permainan edukatif ular tangga sebagai media pembelajaran matematika materi FPB dan KPK. (2) mengetahui kelayakan produk permainan edukatif ular tangga sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD/MI. (3) mengetahui respon siswa terhadap produk permainan edukatif ular tangga sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD/MI. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan produk permainan edukatif ular tangga yaitu menggunakan tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Dessiminate). Produk permainan edukatif ular tangga dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer (teman sejawat) dan 2 guru MI Ma’arif Blendangan, serta direspon oleh 18 siswa kelas IV MI Ma’arif Blendangan. Dari penelitian media permainan edukatif ular tangga berhasil dikembangkan sebagai berikut: kelayakan produk ditunjukkan dengan kualitas produk permainan edukatif ular tangga berdasarkan penilaian ahli media adalah Cukup yang mendapatkan skor 4,67. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik yang mendapatkan skor 4,7. Berdasarkan penilaian 2 guru MI Ma’arif Blendangan adalah Kurang dengan mendapatkan skor 4,8. Dengan demikian, produk permainan edukatif ular tangga layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV SD/MI. Berdasarkan respon dari 18 siswa kelas IV MI Ma’arif Blendangan diperoleh respon positif dengan skor rata-rata 9,61 dan persentase keidealan 96,1% sehingga permainan edukatif ular tangga dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Ular Tangga, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Permainan Edukatif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 09:03
Last Modified: 13 Mar 2019 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum