DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN CIPTO SISWOYO BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Amnil Izza, NIM 14250026 (2018) DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN CIPTO SISWOYO BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN CIPTO SISWOYO BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA))
14250026__BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN CIPTO SISWOYO BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA))
14250026_BAB-II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penulis melihat latar belakang anak-anak di panti asuhan Cipto Siswoyo terlahir dari keluarga yatim, piatu, yatim piatu, anak terlantar dan kurang mampu. Menjadikan anak-anak kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, dan hubungan dengan teman sebaya kurang hangat dan dekat, anak-anak kurang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mereka, sehingga hubungan yang timbul dangkal dan tanpa perasaan. Tetapi situasi berubah setelah datangnya permainan tradisional yang membuat hubungan anak-anak semakin harmonis. Dalam permainan tradisional, semua orang berkumpul, berinteraksi secara fisik, mental, serta emosi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana dampak permainan tradisional terhadap perkembangan anak pada panti asuhan Cipto Siswoyo Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, menarasikan data dalam bentuk uraian kata-kata dan kalimat dan gambar yang rinci. Penelitian ini menggunakan teori perkembangan anak oleh Elizabeth. B Hurlock dalam buku yang berjudul sama. Perkembangan anak mencakup perkembangan fisik, perkembangan motorik, perkembangan bicara, perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dampak permainan tradisional terhadap perkembangan anak di panti asuhan Cipto Siswoyo yaitu dapat mempengaruhi perkembangan emosi dan bermain terutama perkembangan sosial anak. Sebelum mereka xii bermain permainan tradisional, anak-anak di panti kurang dapat bersosialisasi kepada lingkungan dan teman sebaya. Tapi setelah mereka bermain permainan tradisional bersama, hubungan diantara teman sebaya tercipta menjadi semakin baik dan dekat. Kata kunci: Permainan Tradisional, Bermain, Perkembangan anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Bermain, Perkembangan anak
Subjects: Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:20
Last Modified: 04 Apr 2019 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum