PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM REHABILITASI SOSIAL PADA WARGA BINAAN SOSIAL DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG YOGYAKARTA

MUHAMAD AGUNG NUGROHO, NIM 14250056 (2018) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM REHABILITASI SOSIAL PADA WARGA BINAAN SOSIAL DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM REHABILITASI SOSIAL PADA WARGA BINAAN SOSIAL DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG YOGYAKARTA)
14250056_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM REHABILITASI SOSIAL PADA WARGA BINAAN SOSIAL DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG YOGYAKARTA)
14250056_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penyandang disabilitas sudah selayaknya mendapat hak yang sama dalam masyarakat. Akan tetapi untuk mewujudkannya dibutuhkan suatu rehabilitasi sebagai upaya meperbaiki keberfungsisan sosial dalam masyarakat. Pekerja sosial merupakan salah satu unsur yang mengupayakan keberfungsian sosial terhadap penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran pekerja sosial dalam rehabilitasi sosial pada warga binaan sosial di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Pundong Yogyakarta.. Peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif sehingga didapat hasil penelitian yang menyajikan data yang akurat dan digambarkan secara jelas seperti kondisi sebenarnaya. Subyek penelitian ini adalah kepala balai, pekerja sosial, pendamping, dan warga binaan sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi resmi. Hasil penelitian menunjukkan peranan yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam rehabilitasi diantaranya peran sebagai fasilitator, peran sebagai penghubung dan perantara (broker), peran sebagai advokasi dan negosiasi , peran sebagai pelindung, peran sebagai inisiator, peran sebagai konseling dan peran sebagai pendidik. Kata kunci : peran pekerja sosial dan proses rehabilitasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: peran pekerja sosial dan proses rehabilitasi
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:20
Last Modified: 04 Apr 2019 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum