IMPLEMENTASI MODEL COMPETENCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

DAIMUL HASANAH - NIM. 05460031, (2010) IMPLEMENTASI MODEL COMPETENCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL COMPETENCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL COMPETENCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Competence Based Learning (CBL) dengan menggunakan media e-learning fisika melalui tayangan film dan animasi pada pembelajaran fisika. Pelaksanaan pembelajaran fisika dengan penerapan model tersebut diharapkan dapat diketahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean, Sleman sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XC dan XD dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi, dan lembar tes, yakni pretest dan posttest. Analisa data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova). Perhitungan analisis kovarians (Anakova) diperoleh dari nilai tes kemampuan memahami konsep fisika dari masing-masing siswa yang diberi perlakuan selama proses pembelajaran fisika berlangsung. Treatment yang dimaksud berupa penerapan model Competence Based Learning (CBL) dengan menggunakan media e-learning fisika melalui tayangan film dan animasi, serta melalui tayangan film dan slide. Dari perhitungan data tersebut diperoleh nilai Fhitung = 9,75 Ftabel = 4,05 dengan db = 1 pada taraf signifikansi 5% sedangkan hasil uji-t diperoleh sebesar thitung = 3,133 ttabel = 2,411 dengan db = 47 pada taraf signifikansi 5%. Adapun sikap siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 7,51%. Hal ini menunjukkan bahwa sikap siswa tidak banyak mempengaruhi prestasi belajar fisika siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang diberi model Competence Based Learning melalui tayangan film dan animasi, dengan model pembelajaran yang sama namun melalui tayangan film dan slide. Ternyata, model Competence Based Learning (CBL) melalui tayangan film dan animasi lebih efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dalam proses pembelajaran ditinjau dari keberhasilan produk berupa rerata skor akhir yang dicapai oleh siswa pada kelompok eksperimen 1 lebih besar dari pada rerata skor akhir yang diperoleh siswa pada kelompok eksperimen 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cth. Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Competence Based Learning, tayangan film, animasi, slide.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Aug 2012 20:59
Last Modified: 14 Dec 2016 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum