KONSELING BEHAVIOR DALAM MENANGANI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MAN 2 YOGYAKARTA

RAHMANISA, NIM. 15220012 (2018) KONSELING BEHAVIOR DALAM MENANGANI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSELING BEHAVIOR DALAM MENANGANI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MAN 2 YOGYAKARTA)
15220012_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSELING BEHAVIOR DALAM MENANGANI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MAN 2 YOGYAKARTA)
15220012-BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa MAN 2 Yogyakarta yang mengalami permasalahan yang berkaitan dengan akademik. Permasalahan yang sering muncul yaitu, seperti terlambat mengumpulkan tugas sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Permasalahan tersebut merupakan bagian dari prokrastinasi akademik. Sehingga perlu adanya pemberian bantuan untuk merubah perilaku yang malaptif menjadi perilaku yang adaptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling behavior dalam menanangani prokrastinasi kademik siswa MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di MAN 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan yang kemudian dirangkum, diuraikan dalam bentuk narasi, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Untuk keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi yang memanfaatkan sumber data dari observasi dan wawancara. Hasil menunjukan bahwa tahap-tahap konseling behavior dalam menangani prokrastinasi akademik yang dilakukan guru BK MAN 2 Yogyakarta adalah : 1) Assesmen, mendapatkan data bahwa subjek menunda tugas disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, 2) Goal setting, tujuan konseling agar subjek mandiri dan bertanggung jawab, 3) Technique implementation, teknik yang digunakan adalah desentisasi positif dan penguatan positif dan hukuman, 4) Evaluation–Termination, menghasilkan kominten dan kesadaran diri subjek, 5) Feedback, menunjukan bahwa proses konseling tidak berhasil sehingga perlu adanya perbaikan dan penanganan yang lebih serius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavior, Prokrastinasi Akademik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2019 15:04
Last Modified: 15 Mar 2019 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum