UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM

NURMA AMINDITA - NIM. 04430990, (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMÁTIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMÁTIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII C MTs Ali Maksum yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah untuk kompetensi dasar 4.6 menentukan sifat-sifat garis lurus dan 4.7 menentukan persamaan dan koordinat titik potong dua garis. Kriteria Ketuntasan Minimal Ali Maksum yaitu 6,00. Proses pembelajaran dilakukan di luar jam belajar sekolah (pada sore hari) dengan menggunakan metode make a match, metafora, dan rangkuman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah MTs Ali Maksum Bantul sebanyak 24 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran remedial matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil angket motivasi, hasil evaluasi siswa, hasil observasi siswa, dan catatan lapangan, dengan data penunjang berupa hasil wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran remedial dengan menggunakan metode make a match, metafora, dan rangkuman dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Prosedur pelaksanaannya yaitu guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, siswa membuat rangkuman individu kemudian mendiskusikan bersama teman satu kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan membahasnya dengan teman satu kelas. Untuk memotivasi siswa, guru memaparkan cerita/video yang bertema tentang motivasi dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling bagus. Guru membagi kartu soal kepada setiap siswa kemudian siswa mengerjakannya dan mencocokkan jawaban dengan kartu jawab yang sudah disediakan. Motivasi siswa mengalami peningkatan dengan adanya penggunaan video durasi pendek sebagai media memotivasi siswa dan pemberian reward pada setiap akhir pertemuan. Peningkatan motivasi ini ditunjukkan dari adanya peningkatan persentase aspek motivasi. Pada siklus I rata-rata persentase aspek motivasi sebesar 64,18% sedangkan siklus II sebesar 67,15%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah. Pada siklus I baru 62,5% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sekolah sehingga indikator keberhasilan (75% siswa tuntas belajar) belum terpenuhi. Pada siklus II terdapat 79,17% sehingga indikator keberhasilan telah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cth. Pembimbing : Drs. Sugiyono, M.Pd Mohammad Mukhlisin, S.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran remedial, make a macth, metafora, rangkuman, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 19:09
Last Modified: 14 Dec 2016 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum