INVENTARISASI DAN KAJIAN ETNOBOTANI TANAMAN PADA AREA PEMAKAMAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SLEMAN BAGIAN UTARA, DIY

NUNUNG IDAM MAFTUCHA, NIM. 11640038 (2018) INVENTARISASI DAN KAJIAN ETNOBOTANI TANAMAN PADA AREA PEMAKAMAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SLEMAN BAGIAN UTARA, DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INVENTARISASI DAN KAJIAN ETNOBOTANI TANAMAN PADA AREA PEMAKAMAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SLEMAN BAGIAN UTARA, DIY)
11640038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INVENTARISASI DAN KAJIAN ETNOBOTANI TANAMAN PADA AREA PEMAKAMAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SLEMAN BAGIAN UTARA, DIY)
11640038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berbagai kearifan lokal dan tradisi masyarakat terdahulu sebagian besar masih dapat dijumpai dan masih dilakukan sampai sekarang oleh masyarakat tradisional Yogyakarta, salah satunya pada area pemakaman. Pemakaman biasanya mempunyai tanaman khas yang sengaja ditanam oleh warga masyarakat dengan berbagai tujuan tertentu pada area makam. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi tanaman yang terdapat pada area pemakaman masyarakat di Kabupaten Sleman bagian utara, Daerah Istimewa Yogyakarta dan mengetahui aspek etnobotani masyarakat sekitar terhadap tanaman yang ditemukan pada area pemakaman di Kabupaten Sleman bagian utara, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penentuan wilayah sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu memilih daerah yang terletak di Kabupaten Sleman bagian utara, DIY yang terdapat area pemakaman dengan berbagai kriteria. Pengambilan data dilakukan dengan metode ekplorasi/jelajah kawasan pemakaman yang menjadi objek penelitian. Responden berjumlah 10 orang dari 1 desa. Penentuan responden dengan snowball sampling, dengan terlebih dahulu menentukan responden kunci (key person). Wawancara dilakukan secara semi tersruktur dengan bantuan kuisioner. Analisis data untuk analisis vegetasi dan hasil wawancara dilakukan secara deskriptif dan data dijabarkan secara tabulasi. Hasil penelitian ini memperoleh 35 jenis dari 21 famili tanaman yang biasa ditanam oleh warga masyarakat pada area makam, dimana tanaman Codiaeum varigatum L. (Puring) dan Plumeria acuminata Ait. (Kamboja) merupakan tanaman yang paling sering ditemukan. Kajian etnobotani masyarakat tentang tanaman makam berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa tanaman makam umumnya digunakan masyarakat sebagai penanda makam. Famili yang paling sering digunakan pada area makam adalah Famili Apocynaceae dan Moraceae dengan masing-masing 4 spesies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Tanaman makam, Sleman Utara, inventarisasi, etnobotani
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Mar 2019 14:50
Last Modified: 25 Mar 2019 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum