PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI & HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN KELELAWAR PEMAKAN BUAH (PTEROPUS VAMPYRUS LINNAEUS, 1758) DENGAN KELELAWAR PEMAKAN SERANGGA (RHINOLOPUS PUSILLUS TEMMINCK, 1834)

DESI ARSITA YANI, NIM. 13640001 (2018) PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI & HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN KELELAWAR PEMAKAN BUAH (PTEROPUS VAMPYRUS LINNAEUS, 1758) DENGAN KELELAWAR PEMAKAN SERANGGA (RHINOLOPUS PUSILLUS TEMMINCK, 1834). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI & HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN KELELAWAR PEMAKAN BUAH (PTEROPUS VAMPYRUS LINNAEUS, 1758) DENGAN KELELAWAR PEMAKAN SERANGGA (RHINOLOPUS PUSILLUS TEMMINCK, 1834))
13640001_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA_CV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI & HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN KELELAWAR PEMAKAN BUAH (PTEROPUS VAMPYRUS LINNAEUS, 1758) DENGAN KELELAWAR PEMAKAN SERANGGA (RHINOLOPUS PUSILLUS TEMMINCK, 1834))
13640001_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hewan kelelawar terdiri dari Megachiroptera dan Mikrochiroptera. Walaupun keduanya sama-sama dari bangsa kelelawar, tetapi kedua kelelawar tersebut memiliki jenis pakan dan perilaku makan yang berbeda. Megachiroptera merupakan kelelawar pemakan buah, sedangkan Mikrochiroptera merupakan kelelawar pemakan serangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan saluran pencernaan kelelawar pemakan buah (Pteropus vampyrus) dengan kelelawar pemakan serangga (Rhinolopus pusillus). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan secara makroanatomi dan mikroanatomi pada saluran pencernaan kelelawar pemakan buah dengan kelelawar pemakan serangga. Pengamatan makroanatomi dilakukan dengan cara melihat bentuk, dan melakukan analisis melalui media foto organ. Pengamatan mikroanatomi dilakukan dengan cara membuat preparat organ dengan pewarnaan hematoksilin-eosin dan diamati dengan menggunakan mikroskop. Saluran pencernaan kelelawar pemakan buah dan pemakan serangga terdiri dari, esofagus, lambung, usus halus, dan usus besar. Secara makroanatomi, kelelawar pemakan buah dan pemakan serangga memiliki perbedaan ukuran, dimana organ pencernaan kelelawar pemakan buah lebih besar dibandingkan dengan kelelawar pemakan serangga. Secara mikroanatomi, kelelawar pemakan buah dan pemakan serangga memiliki struktur histologi yang relatif sama, yang membedakan hanya pada ukuran selnya saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ja’far Luthfi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anatomi, histologi, saluran pencernaan, kelelawar pemakan buah (Pteropus vampyrus), kelelawar pemakan serangga (Rhinolopus pusillus).
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Mar 2019 09:28
Last Modified: 26 Mar 2019 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum