ANATOMI KOMPARATIF ORGAN UROPOETIKA ULAR AIR LAUT (HYDROPHIS CYANOCINCTUS DAUDIN, 1803)DAN ULAR AIR TAWAR (HOMALOPSIS BUCCATA LINNAEUS, 1754)

MUHAMMAD FIRDAUS, NIM. 13640011 (2018) ANATOMI KOMPARATIF ORGAN UROPOETIKA ULAR AIR LAUT (HYDROPHIS CYANOCINCTUS DAUDIN, 1803)DAN ULAR AIR TAWAR (HOMALOPSIS BUCCATA LINNAEUS, 1754). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANATOMI KOMPARATIF ORGAN UROPOETIKA ULAR AIR LAUT (HYDROPHIS CYANOCINCTUS DAUDIN, 1803) DAN ULAR AIR TAWAR (HOMALOPSIS BUCCATA LINNAEUS, 1754))
13640011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANATOMI KOMPARATIF ORGAN UROPOETIKA ULAR AIR LAUT (HYDROPHIS CYANOCINCTUS DAUDIN, 1803) DAN ULAR AIR TAWAR (HOMALOPSIS BUCCATA LINNAEUS, 1754))
13640011_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ular memiliki habitat yang beranekaragam, diantaranya hidup di darat (terestrial), pepohonan, air tawar dan air laut. Habitat dengan salinitas berbeda menuntut ular air melakukan cara adaptasi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan studi anatomi dan histologi organ uropoetika (ginjal, ureter dan kloaka) pada ular laut dan ular air tawar (semiakuatik) jantan dewasa yang hidup di perairan dengan kecenderungan kondisi salinitas berbeda. Ular buhu (Homalopsis buccata) mewakili ular air tawar dan ular laut besar berdagu kehitaman (Hydrophis cyanocinctus) mewakili ular laut. Kadar garam (salinitas) pada masing-masing habitat ular di ukur. Panjang tubuh total dan berat tubuh ular diukur. Penelitian ini menggunakan teknik bedah pada pengamatan aspek anatomi dan metode parafin dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin untuk aspek histologi. Data yang diperoleh berupa data perbandingan morfologis, anatomi dan struktur histologis ginjal, ureter, dan kloaka, serta histomorfometri ginjal dari kedua spesimen. Histomorfometri dianalisis menggunakan Independent t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara anatomi, ginjal ular buhu lebih pendek dan sedikit lebar dari ukuran ginjal ular laut besar berdagu kehitaman. Ureter ular laut besar berdagu kehitaman lebih panjang dari ukuran ureter ular buhu. Ukuran kloaka kedua ular relatif sama. Secara histologis, ginjal ular laut besar berdagu kehitaman memiliki glomerulus dengan diameter lebih kecil dan jumlahnya lebih sedikit dibandingkan ular buhu. Tubulus proksimal ular laut besar berdagu kehitaman memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan diameter ureter ular ular buhu. Struktur histologis ureter dan kloaka kedua ular sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara anatomi struktur organ uropoetika kedua ular sama, tetapi mempunyai ukuran dan warna organ berbeda. Secara histologis, struktur ginjal ular laut dan ular air tawar terdapat perbedaan pada jumlah dan diameter glomerulus serta diameter tubulus proksimal, sedangkan ureter dan kloaka kedua ular memiliki struktur yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Isma Kurniatanty, M.Si
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Histologi, Homalopsis buccata, Hydrophis cyanocinctus Organ uropoetika.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:40
Last Modified: 26 Mar 2019 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum