MANUSIA MODERN DI MEDIA MASSA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DALAM PEMIKRAN SEYYED HOSEIN NASR DAN WILLIAM L. RIVERS

NURUL AINI, NIM. 12510051 (2018) MANUSIA MODERN DI MEDIA MASSA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DALAM PEMIKRAN SEYYED HOSEIN NASR DAN WILLIAM L. RIVERS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANUSIA MODERN DI MEDIA MASSA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DALAM PEMIKRAN SEYYED HOSEIN NASR DAN WILLIAM L. RIVERS)
12510051_Nurul Aini_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANUSIA MODERN DI MEDIA MASSA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DALAM PEMIKRAN SEYYED HOSEIN NASR DAN WILLIAM L. RIVERS)
12510051_Nurul Aini_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Media massa dan kerusakan lingkungan merupakan persoalan yang tidak dapat terlepas kaitannya dengan manusia, sebab manusia merupakan bagian dari lingkungan itu sendiri dan dalam pandangan Seyyed Hossein Nasr, berbagai krisis lingkungan yang terjadi di dunia modern saat ini merupakan salah satu akibat dari kekeringan spiritual yang dialami oleh Manusia modern. Sehingga peran media massa diharapkan hadir dan menjadi kontrol terhadap perilaku manusia modern ungkap Rivers. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi pemikiran Seyyed Hossein Nasr dan William L.Rivers , terkait perilaku manusia modern dan peran media massa dalam menjaga lingkungan hidup. Penelitian ini mengambil objek pemikiran dua orang tokoh. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini sepenuhnya menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan karya Seyyed Hossein Nasr dan William L. Rivers sebagai sumber primer dan berbagai literatur berkaitan yang lain sebagai sumber sekunder. Data yang diperoleh setelah penelitian dikaji dengan menggunakan teknik komparasi, deskripsi, analisis, interpretasi, yaitu data yang sudah terkumpul dengan baik yang diperoleh melalui observasi, telaah buku, maupun hasil dari kajian pemikiran tokoh, kemudian disusun secara sistematis, dijelaskan, dianalisis, diinterpretasikan dan dikomparasikan antara pemikiran Seyyed Hossein Nasr dan William L. Rivers ke dalam persoalan manusia modern, peran media massa dan kerusakan lingkungan. Dalam hasil penelitian ini ditemukan bahwa kerusakan lingkungan di era modern terbukti berasal dari kesalahan cara pandang manusia dalam melihat alam dan lemahnya peran media massa. Kesalahan cara pandang manusia ini berasal dari antroposentrisme yang menganggap bahwa manusialah satu-satunya mahluk yang berhak atas segala sesuatu karena ia memiliki rasio. Manusia yang hidup tanpa kebermaknaan dengan kekeringan spiritual didalamnya telah menyebabkan manusia hidup tanpa arah dan tujuan. Karena pada dasarnya kebutuhan sejati manusia berada di kutub esensi bukan pencapaian materi. Oleh sebab itu, Nasr menawarkan solusi dalam pemecahan masalah yang tengah dialami manusia modern tersebut dengan kembali meluruskan pandangannya kepada tradisi suci agama dan senantiasa menyeru ke arah pusat eksistensi. Didalam tradisi Islam terdapat pengetahuan suci yang diaplikasikan melalui simbol-simbol yang dapat dilihat dalam sufisme. Nasr, menawarkan jalan sufisme bagi manusia yang melakuan pencarian tentang makna hidup dan menurutnya sufisme dapat memuaskan dahaga tiap-tiap manusia yang haus akan pengetahuan tentang yang Esa. Sementara Wiliam L. River menawarkan media massa sebagai solusi bagi masayakat modern upaya mengatasi kerusakan lingkungan. Kerena media massa adalah simbol dan alat untuk menjawab persoalan modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Robby Habiba Abror, S.Ag., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Lingkungan, Manusia Modern.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:41
Last Modified: 08 Apr 2019 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum