HUBUNGAN ANTARA ADAPTASI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SANTRI MAHASISWA BARU DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

YUSUF EFFENDI, NIM 15250026 (2019) HUBUNGAN ANTARA ADAPTASI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SANTRI MAHASISWA BARU DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA ADAPTASI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SANTRI MAHASISWA BARU DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15250026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA ADAPTASI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SANTRI MAHASISWA BARU DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15250026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hubungan Antara Adaptasi dengan Kesejahteraan Psikologis pada Santri Mahasiswa Baru di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Masa mahasiswa baru dalam psikologi perkembangan termasuk dalam fase transisi antara remaja akhir dengan dewasa awal, dimana secara psikologis dapat didefinsikan bahwa pada masa ini seseorang tidak lagi remaja namun belum sepenuhnya dewasa. Sehingga pada masa ini mahasiswa baru rawan mengalami banyak goncangan. Pada masa awal perkuliahan, mahasiswa baru juga dihadapkan dengan beragam persolan, salah satunya adalah adaptasi lingkungan. Mahasiswa baru juga dihadapkan dengan beragam pilihan pengembangan diri seperti halnya belajar di pesantren, berorganisasi, maupun mengikuti beragam jenis perlombaan. Penelitan ini menggunakan dua teori utama, yaitu teori adaptasi Siswanto dan teori kesejahteraan psikologis Carol D. Ryff. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi untuk mengetahui hubungan antara kedua variable. Data penelitian dikumpulkan dengan dua cara terhadap 80 responden, yaitu pada pengumpulan data primer menggunakan angket/kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan dua jenis analisis, yaitu analisis deskriptif (frekuensi dan mean) dan analisis korelasi (product moment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya mayoritas indikator dalam variable berada dalam tingkat yang tinggi. Hanya terdapat satu indikator dalam variable adaptasi yang berada dalam tingkat rendah yaitu pada indikator kemampuan untuk beradaptasi dengan tekanan atau stress dan kecemasan. Merujuk dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasnya terdapat hubungan positif antara adaptasi dengan kesejahteraan psikologis pada santri mahasiswa baru di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Kata Kunci : Adaptasi, Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa Baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa Baru
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Hadanah (Menyusui) > Pemberian Hak Hadhanah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2019 09:31
Last Modified: 22 Apr 2019 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum