MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN BOA RINTANGAN DI KELAS B1 RA RIYADUS SALIHIN MOYUDAN SLEMAN

ATHIFAH FAJAR KURNIAWATIE, NIM. 14430027 (2018) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN BOA RINTANGAN DI KELAS B1 RA RIYADUS SALIHIN MOYUDAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN BOA RINTANGAN DI KELAS B1 RA RIYADUS SALIHIN MOYUDAN SLEMAN)
14430027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN BOA RINTANGAN DI KELAS B1 RA RIYADUS SALIHIN MOYUDAN SLEMAN)
14430027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (859kB)

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah: ( 1 ) Untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak di kelas B1 RA Riyadus Salihin Moyudan Sleman sebelum diterapkan permainan boa rintangan, ( 2 ) Untuk mengetahui pelaksaan permainan boa rintangan dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak di kelas B1 RA Riyadus Salihin Moyudan Sleman, ( 3 ) Untuk mengetahui hasil seberapa meningkatnya perkembangan motorik kasar anak di kelas B1 RA Riyadus Salihin Moyudan Sleman dalam penerapan permainan boa rintangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang digunakan melalui 2 siklus. Urutan dalam penelitian ini yaitu ( 1 ) perencanaan, ( 2 ) pelaksanaan, ( 3 ) observasi dan ( 4 ) refleksi. Subjek dalam penelitian ini anak-anak kelas B1 RA Riyadus Salihin Moyudan Sleman. Sedangkan objek yang digunakan yaitu perkembangan motorik kasar anak melalui permainan boa rintangan. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Data analisis kualitatif diperoleh dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk data kuantiatif dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Dan untuk kategori menggunakan rumus Djemari Mardapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1 ) perkembangan motorik kasar anak di kelas B1 RA Riyadus Salihin Moyudan Sleman sebelum dilakukan tindakan hanya sebesar 16% dengan minimal kategori berkembang sesuai harapan (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik). Kemampuan perkembangan motorik kasar anak belum optimal. ( 2 ) pelaksanaan permainan boa rintangan ini terbukti dapat meningkatkan motorik kasar anak. Pada pelaksanaan permainan boa rintangan pada siklus I mencapai kategori rendah meningkat di siklus II mencapai kategori sangat tinggi. ( 3 ) perkembangan motorik kasar anak setelah dilakukan tindakan dengan kegiatan permainan boa rintangan, terjadi peningkatan pada siklus I kemampuan perkembangan motorik kasar anak sebesar 68% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 88% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hafidh Aziz, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Perkembangan motorik kasar, permainan boa rintangan
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2019 15:36
Last Modified: 18 Apr 2019 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum