PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI RA RIYADHUS SHALIHIN MOYUDAN

Latifah Nurul Safitri, NIM. 14430034 (2018) PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI RA RIYADHUS SHALIHIN MOYUDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI RA RIYADHUS SHALIHIN MOYUDAN)
14430034_BAB-I, BAB-IV, DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI RA RIYADHUS SHALIHIN MOYUDAN)
14430034_BAB-II_sampai_BAB-IV-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum dilakukan metode bercerita. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral. (3) Untuk mengetahui bagai mana perkembangan aspek nilai agama dan moral anak setelah dilakukan metode bercerita. Jenis Penelitian ini adalah (PTK) penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data obeservasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: (1) nilai agama dan moral pada anak kelompok B2 RA Riyadhus Shalihin Moyudan sebelum tindakan sebesar 12,50% anak yang memiliki perkembangan nilai agama dan moral kategori tinggi dalam perkembangannya. Dengan menggunakan metode bercerita maka perkembangannya sangat efektif dan meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak. (3) setelah diterapkan menggunakan metode bercerita, terjadi peningkatan nilai agama dan moral anak, pada siklus I sebesar 45,83% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 66,67% (kategori tinggi dan sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hafidh „Aziz, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Agama dan moral, bercerita
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2019 13:51
Last Modified: 13 May 2019 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum